Harga Tiket: Rp 2.500, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.35, Pabaton, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Museum Peta atau yang biasa dikenal dengan Museum Pembela Tanah Air adalah museum yang dibangun untuk memberi penghargaan pada mantan tentara PETA karena kontribusi mereka dalam pembangunan Bangsa dan Negara. Selain itu dibangunnya museum ini juga untuk memberikan gambaran tentang perjuangan kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

Di museum itu, anda akan mengetahui banyak hal tentang tentara PETA. Sebab museum itu menyuguhkan berbagai koleksi benda-benda bersejarah serta beberapa diorama yang menjelaskan tentang sejarah PETA. Jadi selain bisa liburan, anda juga bisa menambah pengetahuan tentang sejarah tentara PETA.

Apalagi lokasi museum yang dekat dengan pusat kota, akan memudahkan anda untuk dapat menemukannya. Tak hanya itu saja, untuk berkunjung ke museum ini juga pengunjung tidak dipungut biaya sepeserpun. Jadi, jika anda ke Kota Bogor, wajib untuk menjadikan museum ini sebagai pilihan objek wisata anda bersama keluarga, sebab kapan lagi ke museum tanpa perlu membayar tiket masuk.

Sejarah Museum Peta

Sejarah Museum Peta
Image Credit: Google Maps Orang Rembang

Gedung museum ini didirikan oleh tentara KNIL pada tahun 1745 dengan arsitektur bangunan bergaya Eropa, Inggris. Di tahun 1943, gedung itu dipergunakan sebagai pusat latihan pasukan Indonesia, meskipun masih dalam kontrol Jepang.

Pada awalnya YAPETA meminta bangunan yang paling depan dari gedung pusat latihan untuk dijadikan museum kurang lebih 1 hektar. YAPETA sendiri ialah Yayasan Pembela Tanah Air, yayasan ini didirikan oleh mantan lulusan PETA. Berbekal SK, panitia pembangunan mulai disusun dan renovasi dimulai.

Pembangunan Museum Peta sendiri dimulai pada tahun 1993 di tanggal 14 November. Peletakkan batu yang pertama oleh Umar Wirahadikusumah, Wakil Presiden Indonesia yang sekaligus sesepuh YAPETA. Pembangunan museum itu memakan waktu sekitar 2 tahun dan di tahun 1995 tanggal 18 Desember, museum itu diresmikan oleh Soeharto, yang saat itu menjadi Presiden Indonesia.

Setelah 15 tahun setelah peresmian, YAPETA memberikan pengelolaan museum ke Dinas Sejarah Angkatan Darat, kantornya berpusat di Bandung. YAPETA ingin agar bukti perjuangan pemuda PETA bisa diketahui banyak orang. Maka dari itu YAPETA menyerahkan pengelolaan pada institusi yang lebih kuat.

Koleksi Museum Peta

Koleksi Museum Peta
Image Credit: Google Maps Cipto Ariono

1. Benda-benda Bersejarah

Koleksi pertama yang ada di Museum Peta adalah beberapa koleksi benda bersejarah peninggalan jaman penjajahan. Antara lain seperti senjata-senjata yang pernah digunakan untuk berperang, meriam, perlengkapan perang, kendaraan perang dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu ada juga foto kuno dari para tokoh perjuangan jaman dahulu kala.

2. Beberapa Patung Tokoh Bersejarah

Koleksi selanjutnya yang ada di dalam museum adalah patung para tokoh perjuangan PETA. Pada pintu masuk, pengunjung akan di sambut patung Jendral Sudirman di sebelah kanan, dan patung Shodancho Supriyadi di sebelah kiri. Di halaman pintu masuk juga pengunjung akan disambut dengan tank besar yang pernah digunakan untuk berperang serta 2 buah meriam yang mengapit patung Jendral Sudirman.

3. Beberapa Relief

Tak hanya patung saja, di museum itu juga terdapat beberapa relief para tokoh perjuangan. Di bagian lorong museum, pengunjung akan disambut dengan beberapa relief yang menunjukkan kegiatan para tokoh perjuangan. Antara lain seperti Soeharto, Soedirman dan Supriadi. Relief itu berwarna hitam dan berada di sisi kiri dan sisi kanan lorong museum.

Koleksi di Museum Peta
Image Credit: Google Maps nadia mustika

4. Beberapa Diorama

Tak hanya patung dan relief saja, museum ini juga dilengkapi dengan beberapa diorama yang menceritakan peristiwa terbentuknya tentara PETA serta beberapa konstribusi mereka untuk mencapai kemerdekaan. Isi dari diorama itu mulai dari kesepakatan para tokoh untuk mengusahakan berdirinya PETA, pembentukan batalyon PETA, peristiwa 16 Agustus, peristiwa Ambarawa dan lainnya.

5. Replika Tandu

Koleksi terakhir dari Museum Peta ini adalah sebuah Replika Tandu. Di bagian akhir ruang pameran museum, pengunjung akan disajikan sebuah Replika Tandu. Tandu itu dulu pernah dipergunakan untuk mengangkat Jendral Sudirman yang sekalipun dalam kondisi sakit masih tetap mempunyai semangat yang tinggi memimpin Tentara Indonesia demi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Peta
Image Credit: Google Maps Eko Ashari

Museum Peta terletak di Provinsi Jawa Barat, tepatnya di Kecamatan Bogor Tengah, Pabaton, Jalan Jendral Sudirman nomor 35, Kota Bogor. Lokasi museum yang letaknya dekat dengan pusat kota akan memudahkan anda untuk menemukannya. Anda bisa kesana dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Bila anda dari arah Kota Bogor, ambil arah ke Jalan Raya Pajajaran di Tegallega. Setelah itu anda bisa ke Jalan Otto Iskandardinata, lalu ke Jalan Ir. H. Juanda. Dari situ anda langsung belok kiri ke Jalan Jendral Sudirman. Nanti di kanan jalan anda akan langsung temui lokasi museum.

Salah satu yang menarik dari museum ini adalah, harga tiket masuknya yang gratis. Jadi, anda bisa menikmati indahnya koleksi di sana secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya. Museum ini dibuka setiap hari Senin sampai Jum’at, mulai pukul 8 pagi sampai setengah 3 sore.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Menarik Museum Peta
Image Credit: Google Maps Yusda Dahlan

1. Melihat Koleksi Museum

Kegiatan menarik pertama yang bisa anda lakukan bila berkunjung ke Museum Peta ialah melihat koleksi museum. Banyak koleksi bersejarah yang ada di museum itu, antara lain berbagai persenjataan, perlengkapan perang, beberapa diorama dan masih banyak lainnya yang bisa memanjakan mata anda. Di jamin setelah melihat koleksi yang ada di sana, membuat anda tak akan menyesal berkunjung kesana.

2. Mengambil Foto

Kegiatan lain yang bisa anda lakukan di sana ialah mengambil foto. Kurang rasanya bila anda kesana hanya melihat-lihat koleksi saja tetapi tidak mengabadikannya lewat kamera. Sebab banyaknya koleksi di sana, serta suasana dalam museum sangat cocok bila dijadikan sebagai spot foto dan objek foto. Anda bisa berfoto selfi di sana, bisa dipastikan anda akan mendapatkan hasil foto yang bagus.

Kegiatan Menarik di Museum Peta
Image Credit: Google Maps Erwan Setiawan

3. Mencatat

Kegiatan menarik selanjutnya yang bisa anda lakukan jika berkunjung ke museum ialah mencatat. Anda bisa mencatat berbagai hal yang anda rasa penting yang ada di dalam museum. Seperti sejarah museum, sejarah tentara PETA, koleksi benda bersejarah di sana dan masih banyak lagi. Tak ada salahnya bukan, jadi selain liburan anda juga bisa sekalian menambah wawasan tentang sejarah PETA.

4. Berkeliling Kompleks Museum

Kegiatan lain yang tak kalah menarik yang bisa anda lakukan di museum adalah berkeliling kompleks museum. Area kompleks museum yang luas, sangat cocok dijadikan tempat untuk berolahraga, jadi sembari berkeliling museum, anda bisa sambil dengan berolahraga, sekedar jogging atau berjalan mengelilingi museum. Jadi olahraga dijamin tak akan terasa melelahkan.

Objek Wisata Terdekat dari Museum Peta

Objek Wisata Terdekat dari Museum Peta
Image Credit: Google Maps awal Adi

1. Kebun Raya Bogor

Objek wisata pertama yang letaknya dekat dengan Museum Peta adalah Kebun Raya Bogor. Mungkin anda sudah tak asing lagi dengan objek wisata Kebun Raya Bogor. Sebuah kebun botani seluas 87 hektar dengan koleksi berbagai macam tanaman. Anda bisa mengunjungi kebun ini untuk bersantai atau piknik bersama keluarga dan kerabat.

2. Taman Kencana

Objek wisata selanjutnya yang letaknya dekat dengan museum adalah Taman Kencana. Taman Kencana ialah taman kecil di area Bogor yang merupakan salah satu taman peninggalan jaman Belanda. Taman Kencana cocok untuk dijadikan tempat bersantai bersama kerabat dan keluarga. Selain itu Taman Kencana juga bisa dijadikan spot foto yang bagus.

3. Museum Perjuangan Bogor

Salah satu museum di Bogor yang tak kalah bagusnya dengan Museum Peta adalah Museum Perjuangan Bogor. Museum Perjuangan Bogor ini menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah dan cerita tentang perjuangan pahlawan terutama para pahlawan di Bogor. Jadi, museum ini juga patut untuk anda dan keluarga kunjungi jika pergi ke Kota Bogor.

Objek Wisata Terdekat di Museum Peta
Image Credit: Google Maps Budi Prastawa

4. Museum Tanah dan Pertanian

Ada lagi museum di Bogor yang wajib anda kunjungi yaitu Museum Tanah dan Pertanian. Museum ini menyajikan segala hal yang berkaitan dengan tanah dan pertanian. Di sana kita akan belajar banyak perihal pertanian. Jadi, jika anda hobi dan tertarik dengan pertanian, museum ini cocok untuk anda kunjungi bila sedang liburan ke Kota Bogor.

5. Prasasti Batu Tulis

Objek wisata terakhir yang letaknya tak jauh dari Museum Peta adalah objek wisata Prasasti Batu Tulis. Objek wisata Prasasti Batu Tulis ini berisi beberapa prasasti bersejarah yang ditulis sejak jaman penjajahan dulu. Jadi, bagi anda yang suka dengan sejarah, tak cukup rasanya bila hanya berkunjung ke museum saja, anda juga bisa menambah wawasan sejarah dengan berkunjung ke Prasasti Batu Tulis.

Itulah ulasan mengenai wisata Museum Peta serta beberapa objek wisata yang ada di sekitarnya. Di sana, anda tak hanya cuma bisa liburan saja, tetapi juga bisa sekaligus menambah wawasan tentang sejarah tentara PETA. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin berlibur ke Bogor.