Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: Pukul 11.00-15.00 WIB, Alamat: Jl. Aria Utama No.5, Cipamokolan, Kec. Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kota Bandung tidak hanya menawarkan keindahan destinasi wisata alamnya, tetapi terdapat pula berbagai destinasi wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah museum yang dipersembahkan untuk artis legendaris asal Bandung, yakni Museum Nike Ardilla.

Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda yang digunakan Nike Ardilla sewaktu masih hidup di dunia. Mulai dari pakaian, barang-barang pribadi, pintu mobil bekas kecelakaan, lukisan, foto, CD, piala, kosmetik, plakat penghargaan, hingga replika kamar dari mendiang Nike Ardilla yang tertata rapih dapat Anda lihat di museum ini.

Pengunjung yang datang ke museum ini bukan hanya dari generasi jaman dahulu saja, tetapi juga para generasi milineal. Hal ini tidaklah diherankan, sebab walaupun jiwa dan raganya sudah tidak ada, namun karya-karyanya tetap melekat dan membara hingga masa sekarang.

Sejarah Museum Nike Ardilla

Sejarah Museum Nike Ardilla
Image Credit: Google Maps Putra Bungsu

Kepergian penyanyi terkenal Indonesia, Nike Ardilla di tengah-tengah kepopulerannya pada beberapa puluh tahun yang lalu cukup mengagetkan banyak orang, terutama keluarga dan penggemar dari penyanyi bersuara merdu ini.

Karena peristiwa kecelakaan tersebut, banyak dari penggemar mendiang yang mengusulkan untuk dibangunkan sebuah museum guna mengenang dan menyimpan barang-barang dari artis legendaris ini. Penggemar mendiang Nike Ardilla tergabung dalam sebuah club yang memiliki nama NAFC atau Nike Ardilla Fans club.

Hal ini akhirnya mendorong ayah dari mendiang untuk mendirikan sebuah museum yang diberi nama Museum Nike Ardilla. Tepat pada tahun 1996, museum yang dibangun untuk mengenang penyanyi legendaris Indonesia ini resmi dibuka untuk umum. Museum ini ramai didatangi oleh pengunjung, terlebih ketika hari-hari tertentu, misalnya pada hari wafat dan lahirnya penyayi berparas cantik ini.

Museum ini juga populer dengan sebutan RNA atau Rumah Nike Ardilla. Desain yang digunakan pada bangunan ini serupa dengan Hard Rock Cafe, Planet Hollywod dan museum seperti biasa.

Museum yang menempati 2 lantai ini memiliki luas sekitar 500 meter persegi yang dimana lantai pertama digunakan untuk tempat tinggal dari keluarga mendiang Nike Ardilla. Barulah pada lantai dua digunakan sebagai ruang pameran atau museum.

Di museum ini juga tersimpan sebuah benda yang menjadi saksi ketika mendiang meninggal dunia karena kecelakaan, yakni sebuah pintu dari Mobil Honda Civic yang rusak.

Koleksi Museum Nike Ardilla

Koleksi di Museum Nike Ardilla
Image Credit: Google Maps Dedsonjaya Sonjaya

1. Ukiran Kayu Wajah Nike Ardilla

Karena terletak di lantai dua sebuah bangunan, ketika akan memasuki museum ini, Anda harus terlebih dahulu menaiki tangga dekat teras yang dapat di akses tanpa harus melewati ruang lantai pertama.

Di sisi tembok dekat sudut tangga tersebut terdapat sebuah bingkai dengan ukiran kayu yang menyerupai wajah Nike Ardilla. Pajangan dari ukiran kayu ini merupakan hadiah yang diberikan dari salah satu penggemarnya.

2. Mobil Jeep

Di teras museum ini terdapat sebuah Mobil Jeep CJ7 putih dengan plat nomor D 11 LA yang terparkir. Mobil ini merupakan salah satu saksi kisah hidup dari Nike Ardilla. Sebenarnya dahulu mobil ini jarang dipakai oleh Nike, sehingga dia menitipkannya kepada kakaknya. Sekarang mobil tersebut jarang dipakai dan dijadikan sebagai pajangan museum.

3. Replika Kamar Nike

Museum berukuran kurang lebih 12 x 10 meter di bagian lantai dua ini dibagi kedalam dua buah ruang, ruang utama dan ruang replika kamar mendiang. Pada bagian ruang replika kamar tersebut, pihak keluarga Nike berusaha membuatnya semirip mungkin dengan keadaan kamar asli milik penyanyi pop yang terkenal pada era 90 an ini.

Replika kamar Nike Ardilla ini memiliki luas sekitar 3 x 10 meter, luas ini sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan kamar asli milik Nike. Pada sisi dinding replika kamar lebih banyak dihiasi oleh foto-foto Marilyn Monroe daripada foto Nike sendiri. Hal ini dikarenakan ia sangat mengidolakan pesohor asal Amerika Serikat tersebut.

Pada bagian meja kamar tersebut juga terpajang berbagai penghargaan dan foto-foto Nike Ardilla dengan musisi-musisi yang lain, salah satu foto yang terpajang yakni foto Nike bersama sahabatnya Melly Goeslaw yang juga merupakan seorang musisi.

4. Televisi

Terdapat sebuah tetevisi berukuran sekitar 40 inci yang berada dekat dengan pintu replika kamar Nike. Televisi ini juga sudah dilengkapi dengan pengeras suara. Tepat di bagian atas dari televisi ini terdapat sebuah pajangan foto yang menggambarkan keadaan asli dari kamar mendiang yang apabila sekilas dilihat, tidak ada perbedaannya dengan replika kamar di museum ini.

Koleksi Museum Nike Ardilla
Image Credit: Google Maps Dede Rafli

5. Jamsuit Emas

Pada setiap sisi dinding museum ini selalu terpajang berbagai benda dan foto milik Nike. Di bagian tembok sisi sebelah kanan belakang terdapat berbagai koleksi pakaian ikonis yang pernah dipakai oleh Nike Ardilla. Salah satu diantaranya yaitu jamsuit emas yang pernah dia kenakan ketika merayakan ulang tahunnya yang ke-17 tahun.

6. Berbagai Aksesoris

Tepat di bawah jamsuit emas yang dipajang di tembok kanan belakang, terdapat lima buah lemari kaca yang dipakai untuk menyimpan berbagai barang berupa pernak-pernik peninggalan mendiang Nike.

Berbagai barang tersebut sudah ditata dan dikelompokkan secara rapi, mulai dari aksesoris seperti kalung dan gelang, album yang pernah dirilis, merchandise Marilyn Monroe, serta berbagai album komplikasi milik Nike.

7. Pintu Mobil yang Dipakai Ketika Kecelakaan

Di Museum Nike Ardilla ini, tepatnya di sudut temboknya terdapat pintu kanan dari mobil Honda Civic Genio. Mobil itu merupakan mobil terakhir yang ditumpangi Nike sebelum akhirnya dia meninggal karena kecelakaan tunggal. Di samping pintu mobil itu terdapat pula sebuah foto yang menggambarkan kondisi mobil pasca kecelakaan Nike pada 19 Maret 1995.

Pintu mobil ini tidak lagi mulus melainkan sudah nampak ringsek, sebab sudah berkarat dan terdapat lekukan-lekukan akibat kecelakaan. Hanya terdapat bagian pintu dari seluruh bagian mobil terakhir yang dikendarainya tersebut. Hal ini dikarenakan mobil aslinya sudah diperbaiki dan dilelang pada tahun 1996 yang laku sekitar 100 juta rupiah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Nike Ardilla
Image Credit: Google Maps Ekarisa Kurniadi

Museum Nike Ardilla berlokasi di salah satu komplek di Kota Bandung yang bernama Komplek Arya Graha. Lebih tepatnya terletak di Jl. Aria Utama nomor 5 Cipamokolan yang ada di Rancasari.

Untuk mencapai museum ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum yang tersedia. Apabila Anda memilih menggunakan kendaraan pribadi, maka ryte lokasi tercepat yang dapat Anda gunakan yaitu dari pusat kota Bandung menuju Jalan Soekarno Hatta.

Alternatif kedua yang dapat Anda pilih yaitu dengan menuju Jl. Nasional III serta Jl. Nageleng sampai Cirahayu, Tol Padaleunyi dan Purbaleunyi. Jika dari Stasiun Bandung, museum ini dapat dijumpai dengan menempuh perjalanan melalui Jl. Jemdral Gatot Subroto atau Jl. Ibrahim Adjie.

Anda tidak perlu khawatir, sebab untuk dapat memasuki kawasan Museum Nike Ardilla ini Anda tidak akan dikenakan biaya masuk apapun, alis gratis. Hal ini tentunya dapat menjadi sesuatu yang sangat menarik bagi beberapa orang.

Selain itu, bagi Anda penggemar Nike Ardilla yang sedang berada di Kota Bandung, museum ini wajib Anda kunjungi sebagai objek wisata dengan budget minim.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas di Museum Nike Ardillah
Image Credit: Facebook Bunqsu Nuy

1. Berkeliling Museum

Kegiatan ini tentu saja tidak akan Anda lewatkan ketika berkunjung ke Museum Nike Ardilla. Terdapat berbagai koleksi barang-barang mendiang Nike yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di Museum ini.

Ketika berkeliling museum Anda harus memperhatikan beberapa hal demi kenyamanan, yakni dilarang mengambil atau memindahkan barang-barang dari tempat asalnya, hal ini dilakukan guna menjaga museum agar tetap terjaga.

2. Mengabadikan Momen

Berkunjung ke suatu objek wisata tentu saja jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen dengan bersua foto. Berfoto merupakan suatu hal yang wajib dilakukan ketika sedang berkunjung ke suatu tempat atau objek wisata.

Anda dapat berfoto di berbagai lokasi atau spot yang ada di museum ini. Misalnya berfoto di kawasan replika kamar Nike Ardila. Ruang ini merupakan tempat favorit yang paling sering digunakan pengunjung sebagai tempat untuk bersua foto. Kamar yang memiliki bentuk dan penataan mirip dengan kamar asli mendiang Nike memanglah suatu hal yang menarik untuk diabadikan.

3. Menikmati Berbagai Koleksi yang Dipamerkan

Memiliki berbagai koleksi dari barang-barang Nike Ardilla, membuat museum ini banyak menarik perhatian penggemar mendiang Nike untuk dapat mengetahui dan melihat-lihat berbagai barang yang digunakan oleh penyanyi asal Bandung ini semasa hidupnya.

Pengunjung yang datang ke museum ini tidak hanya kalangan masyarakat tua jaman dahulu, tetapi juga anak-anak muda yang ingin tahu lebih dalam kepada sosok Nike Ardila. Tidak heran jika penggemar mendiang Nike terus bertambah walaupun jaman terus berkembang, hal ini disebabkan karena hasil karya dari Nike masih terkenal dan laris dipasaran.

Objek Wisata Terdekat dari Museum Nike Ardilla

Wisata Terdekat Museum Nike Ardilla
Image Credit: Google Maps Hendra Pardin

1. Kampoeng Tulip

Objek wisata terdekat dari museum yang pertama yaitu Kampoeng Tulip. Objek wisata yang menawarkan taman, cafe, dan danau ini memiliki jarak sekitar 4,4 km atau sekitar 11 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi dari museum yang mengoleksi barang-barang pribadi milik Nike Ardilla.

2. Alun-alun Kota Bandung

Setelah berkunjung ke museum yang ada di Kota Bandung tersebut, Anda juga dapat sekaligus mengunjungi objek wisata lain di Kota Bandung. Misalnya seperti Alun-alon Kota Bandung yang hanya berjarak sekitar 9,7 km atau sekitar 18 menit apabila ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. Di sini Anda dapat menikmati taman sambil berburu kuliner dan souvenir.

3. Taman Ade Irma Suryani Nasution

Taman ini merupakan sebuah taman rekreasi yang belokasi tepat di jantung Kota Bandung. Selain memiliki berbagai fasilitas permainan, taman lalu lintas ini juga dapat dijadikan sebagai pusat latihan untuk membaca berbagai rambu yang biasa ada di lalu lintas. Taman ini berjarak sekitar 10 km atau sekitar 20 menit perjalanan dengan kendaraan dari museum ini.

Nah, dengan informasi ini semoga dapat menambah daftar museum di sekitar kawasan Bandung yang dapat Anda kunjungi. Bagi Anda penggemar dari penyanyi cantik yang terkenal di era 90 an ini pastinya sangat senang dengan hadirnya Museum Nike Ardilla. Anda dapat mengenang mendiang dengan berkunjung ke museum ini.