Harga Tiket: Rp 110.000, Jam Operasional: Pukul 11.00–19.30 WIB, Alamat: Jl. Gerbang Pemuda No.1, Gelora, Kec. Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta; Map: Cek Lokasi

Berwisata saat ini bukan lagi sebuah gaya hidup, tetapi sudah menjadi kebutuhan bagi tiap-tiap orang. Karena dengan berwisata Anda dapat menyegarkan pikiran dari segala penat rutinitas yang dilakukan sehari-hari. Terlebih bagi Anda yang tinggal di daerah kota besar, seperti contohnya Jakarta.

Akhir-akhir ini terdapat tempat wisata yang cukup populer di daerah kota Jakarta. Dan tengah menjadi tempat tujuan bagi para wisatawan untuk melakukan ragam aktivitas seru di sana. Tempat tersebut yaitu Museum Moja.

Tidak hanya menjadi tempat wisata yang populer, moja museum yang memiliki tema cinema art ini telah menjadi wajah baru yang pertama kali hadir di negara Indonesia.

Sejarah Museum Moja

Sejarah Museum Moja
Image Credit: Google Maps Hani Fatimah Azzahra

Museum ini merupakan sebuah museum yang di dalamnya terdapat perpaduan karya seni unik dan lebih ditujukan bagi para kaum remaja di wilayah DKI Jakarta. Di tempat tersebut ada banyak sekali benda-benda khas generasi milenial yang disajikan

saja sebagai wahana untuk Anda berfoto. Moja museum itu sendiri dilakukan oleh sekelompok anak muda yang berasal dari berbagai latar belakang. Anak-anak muda tersebut antara lain yaitu Sharon Lam, Jennifer Sharon, Keziah Lam, Aswin Lim dan Giorgi Rusli.

Anak muda ini berasal dari latar belakang sejarah, seni dan juga bisnis. Museum tersebut mulai diresmikan dan dibuka untuk umum pada tanggal 20 Oktober tahun 2018 lalu.

Koleksi Museum Moja

Koleksi Museum Moja
Image Credit: Google Maps E$felin Bunga

1. 14 Ruangan Kreatif

Dalam museum tersebut terdapat ruang-ruang foto yang memiliki konsep berbeda. Total jumlah ruangan mencapai 14 ruang. Tema yang dimiliki masing-masing ruang pun sangat unik. Di Museum Moja ini nantinya Anda akan diperbolehkan untuk menyentuh benda-benda yang ada di sana.

Jika di sini Anda membawa kamera profesional pun hal itu tidak akan dipermasalahkan oleh petugas. Oleh karena itulah, tidak masalah ketika Anda membawa tripod sekalipun. Selain itu juga tidak sedikit wisatawan yang meminta tolong pada para petugas untuk membantu mereka mengambil foto.

2. Sepatu Roller Skate

Ada banyak koleksi menarik yang bisa Anda temukan ketika berada di museum ini. Salah satu koleksi menarik tersebut yaitu sepatu roller skate. Permainan tersebut memang pernah booming di tahun 80 hingga 90-an. Para remaja ibukota jaman dulu pasti pernah memainkan roller skating tersebut.

Hampir mirip seperti sepatu roda, namun untuk roller skate memiliki roda empat yang mana di sini saling berhadapan tidak sejajar. Nantinya Anda bisa mengelilingi areal museum tersebut dengan memakai roller skate.

3. Aneka Cemilan

Masing-masing dari ruangan dalam Museum Moja terdapat cemilan seperti contohnya biskuit, jelly Bean dan juga permen. Semua camilan tersebut disuguhkan bagi para wisatawan dengan gratis.

Jika di museum lainnya Anda dilarang untuk membawa makanan, maka berbeda dengan museum yang satu ini. Karena memang di moja museum para wisatawan boleh membawa makanannya serta diperbolehkan pula untuk makan di dalam studio.

Sehingga dengan begitu tentu Anda tidak akan bosan ketika harus menunggu giliran berfoto, karena bisa sambil menikmati camilan yang Anda bawa. Selain nantinya Anda diperbolehkan untuk menikmati camilan, Anda juga dibebaskan membawa kamera sendiri dari rumah.

Koleksi di Museum Moja
Image Credit: Google Maps Ilham Daradjat

4. Ready Player

Bagi para wisatawan generasi milenial yang lahir di era 80-an hingga 90-an maka terdapat ruangan ready player yang bisa membawa Anda bernostalgia di masa lalu.

Ruangan itu didesain dengan pilihan mainan seperti pokemon, Mario Bros, street fighter dan juga megaman. Namun sayangnya untuk permainan-permainan tersebut hanya berupa video demo saja.

5. Ikon Jakarta

Karena di sini moja merupakan museum Jakarta, maka di tempat tersebut juga terdapat beberapa gambar ikon yang mana mempresentasikan Kota Jakarta. Seperti contohnya gambar tugu Monas. Moja museum ini disponsori oleh Oasis mineral water, brand Marie Regal, Snowman dan juga Lion Parcel.

Secara kreatif para desainer membuat tema-tema ruangan yang mana mewakili dari brand-brand tersebut. Anda nantinya akan diajak untuk mewarnai dan menggambar dinding mural menggunakan spidol berukuran besar. Dengan begitu nantinya Anda dapat mengkreasikan karya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Moja
Image Credit: Google Maps Gina Hendro

Dulunya Museum Moja berada di area Pondok Indah, namun saat ini lokasinya pindah ke GBK. Rute untuk menuju museum yang satu ini jika memakai kendaraan pribadi, Anda bisa langsung angkat ke GBK karena memang museum tersebut berada di area itu.

Namun jika Anda menggunakan transportasi umum seperti bajaj ataupun menggunakan Transjakarta, maka Anda bisa menuju ke Lebak bulus. Untuk selanjutnya Anda turun di GBK tepatnya di sebelah sisi Utara. Lalu kemudian Anda tinggal melanjutkan menuju ke moja museum dengan berjalan kaki.

Harga Tiket Masuk Wisata Museum

Harga Tiket Museum Moja
Image Credit: Google Maps Aufa Ibrahim

Harga tiket masuk ke moja museum sendiri besarnya berbeda-beda, tergantung hari Anda datang ke Museum Moja tersebut. Untuk hari Senin sampai Jumat, harga tiket masuk Rp 110.000.

Sedang jika Anda datang saat weekend maka wajib membayar tiket sevesar Rp 125.000. Namun, waktu kunjungan ini dibatasi sekitar 2,5 jam saja. Selain itu, museum ini juga memiliki waktu atau slot kunjungan:

Slot 1: 11:00 – 13:30

Slot 2: 14:00 – 16:30

Slot 3: 17:00 – 19:00

Untuk masing-masing slot atau sesi tersebut, akan terdapat waktu istirahat selama kurang lebih setengah jam yang akan dipakai untuk melakukan pembersihan. Guna mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan oleh pemerintah, maka jumlah pengunjung untuk masing-masing sesi akan dibatasi oleh petugas.

Aktifitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktifitas di Museum Moja
Image Credit: Google Maps 628 Gadget

1. Bermain Roller Skate

Sepatu roller skate yang tersedia di museum memiliki ukuran yang sangat beragam. Ukuran terkecil yakni 30 hungga 45. Ada tempat tersendiri untuk Anda yang ingin meminjam sepatu tersebut. Selain itu juga disediakan kaos kaki yang bisa Anda beli sekitar Rp 30.000 agar ketika Anda menggunakan roller skate terasa lebih nyaman.

Permainan ini akan memberikan sebuah pengalaman yang sangat seru dan menyenangkan. Jika disini Anda belum pintar ataupun mahir, maka nantinya akan terdapat instruktur yang siap mengajari Anda.

Selain itu, Anda akan menggunakan papan beroda, sehingga nantinya tidak akan terjatuh dan tetap seimbang. Area Museum Moja ini memiliki hiasan lampu yang unik berwarna warni sehingga membuat museum tersebut makin menarik dan layak untuk Anda kunjungi.

2. Mengunjungi 14 Ruangan

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwasa museum ini mempunyai banyak sekali ruangan di dalamnya dimana setiap ruangan memiliki tema yang berbeda-beda. Jumlah ruangan tersebut total terdapat 14 yang terletak di lantai 2.

Nantinya pihak pengelola atau petugas akan mengarahkan Anda untuk menyusuri tiap ruangan satu persatu. Saat memasuki ruang ini, alangkah baiknya jika Anda menyiapkan kamera.

Ada banyak sekali tema-tema menarik yang ditawarkan oleh masing-masing ruangan. Contohnya salah satu ruangan yang memiliki sebuah kolam yang berisi bola berwarna putih dan kuning di dalamnya. Sehingga dengan begitu Anda bisa mandi bola ketika mampir ke ruangan tersebut.

Terdapat juga ruangan yang memiliki tema game legendaris pacman dan Mario Bros. Selain itu juga terdapat ruangan yang berisi gambar-gambar graffiti menakjubkan yang bisa Anda abadikan.

3. Hunting Foto

Museum Moja ini adalah tempat dengan banyak sekali lokasi yang menarik gina dijadikan spot mengabadikan momen melalui sebuah foto ataupun video. Oleh karena itu, aktivitas seru berikutnya ketika berada di sini yaitu hunting foto. Setelah memasuki wilayah tersebut, nantinya para wisatawan akan disambut oleh lorong yang panjang dihiasi dengan lampu-lampu yang begitu menawan dan indah.

Saat Anda sudah masuk area roller skating, Anda juga bisa memanfaatkannya sebahai spot foto menarik. Ruangan-ruangan yang terdapat di museum ini memang cukup unik. Beberapa diantaranya mempunyai background yang sangatlah cocok untuk Anda buat feed Instagram. Ruangan-ruangan itu seperti contohnya Cloud with a Swing of Happiness, Colorception, School of Disco dan lain-lain.

Aktifitas Museum Moja
Image Credit: Google Maps Puput Carolina

4. Ragam Hiburan

Ketika Anda berkunjung ke Museum Moja, Anda sebaiknya memakai baju yang nyaman. Karena memang di tempat tersebut terdapat banyak sekali ragam aktivitas menarik yang bisa dilakukan.

Aktivitas-aktivitas hiburan seperti contohnya bermain ayunan di Cloud with a Swing of Happiness, mencoba pantulan cermin di School of Disco, mandi dan bermain bola di The Pursuit of Butter dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itulah, gunakan pakaian yang memudahkan Anda untuk bisa beraktivitas dengan mudah.

Perlu untuk Anda ketahui, ditiap ruangan yang tersedia di museum moja terdapat batasan waktu. Seperti contohnya di area kolam bola. Di tempat tersebut Anda boleh menyelam sepuasnya namun petugas hanya akan memberikan Anda waktu selama kurang lebih 3 menit saja.

5. Menikmati Camilan

Aktivitas lain yang juga bisa dilakukan ketika berada di museum ini yaitu menikmati camilan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwasannya moja museum menyediakan camilan gratis bagi para pengunjung. Seperti contohnya popcorn, permen, biskuit dan juga Jelly Bean.

Beberapa cemilan yang disediakan itu boleh untuk Anda bawa pulang. Sementara untuk beberapa ruangan hanya mengizinkan bagi para wisatawannya mengonsumsi camilan ketika berada di tempat itu saja.

Objek Wisata Terdekat dari Museum Moja

Wisata Terdekat Museum Moja
Image Credit: Google Maps Yogi Cahyadhi

Museum ini memang berada dekat dengan objek-objek wisata lainnya. Sehingga dengan begitu selain Anda bisa mengunjungi museum, tapi Anda juga dapat mampir di objek wisata terdekat itu.

1. Taman Menteng

Taman Menteng memang dikenal memiliki bangunan yang cukup menakjubkan. Mulanya taman tersebut adalah sebuah stadion yang kemudian beraling fungsi menjadi taman yang memiliki pemandangan yang indah. Di tempat tersebut Anda akan menemukan 30 spesies tanaman.

2. Tugu Monas

Salah satu ikon Jakarta yaitu tugu Monas. Bagi Anda yang berkunjung ke Jakarta, maka kurang pas rasanya jika tidak mampir ke tugu tersebut. Tugu yang satu ini memiliki tinggi mencapai 132 meter. Di bagian puncak tugu terdapat sebuah ornamen yang dibuat atau dilapisi dengan lembaran emas.

3. Kebun Binatang Ragunan

Moza museum juga terletak dekat dengan kebun binatang ragunan. Anda hanya perlu menempuh jarak kurang lebih 10 km dari museum ke kebun binatang tersebut.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Museum Moja yang perlu untuk Anda ketahui. Bagi Anda yang ingin menikmati nuansa wisata yang berbeda dari biasanya, maka bisa berkunjung ke museum tersebut. Ada banyak sekali keseruan yang bisa Anda dapatkan dan tentunya dijamin tidak akan membuat Anda kecewa.