Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta; Map: Cek Lokasi

Bila anda berkunjung ke Kota Jakarta, kurang lengkap rasanya bila anda tak mengunjungi Museum Indonesia. Museum itu merupakan museum etonologi dan antropologi yang ada di Taman Mini Indonesia Indah. Museum ini fokus kepada seni serta budaya berbagai macam suku bangsa yang ada di Indonesia. Museum ini memiliki arsitektur Bali serta dihiasi berbagai macam ukiran serta patung Bali.

Banyak koleksi yang tersedia di sana, diantaranya berbagai macam koleksi diorama pakaian tradisional dari berbagai suku bangsa yang terdapat di Indonesia. Antara lain seperti pakaian adat Aesan Gede dari Sumatera Selatan dan masih banyak lagi. Tak hanya koleksi pakaian adat saja, masih banyak koleksi lainnya yang perlu anda tahu, seperti upacara adat, rumah adat dan masih banyak lagi.

Selain sebagai tempat liburan, Museum Indonesia ini juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata edukasi. Sebab, di sana kita tak cuma bisa liburan saja, tetapi juga bisa sambil belajar tentang berbagai macam kebudayaan yang ada di Indonesia. Jadi, museum ini sangat cocok bila di kunjungi bersama keluarga, apalagi dengan anak-anak, jadi mereka bisa belajar kebudayaan Indonesia dari sana.

Sejarah Museum Indonesia

Sejarah Museum Indonesia
Image Credit: Google Maps Mohanraj Rasul

Gagasan awal dibangunnya Museum ini adalah dari Ibu Siti Hartina atau biasa dipanggil Ibu Tien Soeharto, lantas dituangkan ke dalam sebuah bentuk bangunan yang bergaya Bali dengan 3 lantai. Museum ini didirikan pada tahun 1976 dan baru diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1980, bertepatan dengan HUT yang ke 5 Taman Mini Indonesia Indah.

Melalui Tri Hita Karana, Ida Bagus Tugur seorang arsitek mengembangkan museum itu. Tri Hita Karana sendiri merupakan sebuah filosofi yang menerangkan adanya 3 sumber kebahagiaan umat manusia, yaitu hubungan antar sesama manusia, hubungan antara manusia dan lingkungannya serta hubungan antara manusia dengan Tuhannya.

Museum sendiri memamerkan berbagai koleksi yang dibagi atas 3 bagian dan masing-masing diletakkan di lantai yang berbeda. Lantai pertama, mengusung tema Bhineka Tunggal Ika, menampilkan pakaian tradisional. Lantai 2 bertemakan Manusia dan Lingkungan, menerangkan interaksi antara masyarakat dan lingkungan. Sementara di lantai terakhir atau di lantai 3 mengusung tema tentang Seni dan Kriya.

Koleksi Museum Indonesia

Koleksi Museum Indonesia
Image Credit: Google Maps Cs Leung

1. Pakaian Tradisional

Koleksi pertama dari Museum Indonesia adalah berbagai macam pakaian tradisional serta pakaian pernikahan yang berasal dari 27 provinsi yang ada di Indonesia. Seperti pakaian adat Ulee Balang yang berasal dari provinsi Aceh, pakaian adat Aesan Gede dari Sumatera Selatan dan masih banyak pakaian tradisional lainnya. Berbagai macam pakaian tradisional itu diperagakan oleh patung manekin.

2. Kesenian Indonesia

Tak hanya berbagai macam pakaian saja yang ada di sana, museum ini juga menampilkan berbagai macam kesenian yang ada di Indonesia. Antara lain seperti beraneka macam wayang, gamelan, tari dan lukisan kaca dengan gambar peta Indonesia.

3. Rumah Adat

Koleksi selanjutnya dari Museum Indonesia adalah berbagai macam miniatur bangunan dan rumah adat yang berasal dari berbagi suku bangsa di Indonesia. Antara lain seperti miniatur rumah panggung, rumah yang berdiri di atas sungai atau pohon. Ada juga miniatur lumbung padi, bangunan peribadatan serta tata letak dari suatu bangunan dan tempat tinggal penduduk Indonesia.

Koleksi Dimiliki Museum Indonesia
Image Credit: Google Maps What Ever

4. Benda Sehari-hari

Tak hanya itu saja, di Museum ini juga terdapat berbagai macam diorama benda sehari-hari. Antara lain seperti benda-benda untuk mengumpulkan makanan, berburu, alat pertanian, perkebunan dan masih banyak lagi yang lainnya. Ada juga diorama bagian dari rumah tradisional, seperti dapur rumah tradisional, ruang tengah rumah serta kamar pengantin dan masih banyak lagi.

5. Diorama Upacara Adat

Di lantai dua Museum Indonesia, terdapat koleksi diorama upacara adat yang menyangkut kehidupan manusia. Antara lain seperti diorama upacara Turun Tanah untuk bayi, Khitanan, Mapedes atau upacara memotong gigi masyarakat di Bali, upacara Mitoni atau tujuh bulanan, pelantikan Datuk dan Pelaminan Minangkabau.

6. Seni Kerajinan Kontemporer dan Tradisional

Koleksi terakhir dari museum ini terdapat di lantai 3 museum. Di sana terdapat kerajinan kontemporer dan tradisional. Antara lain seperti kerajinan kain Songket, Batik, Tenun, ada juga kerajinan yang berasal dari logam misalnya ukiran kuningan dan tembaga. Tak hanya itu, ada juga seni ukir kayu antara lain seni ukir Toraja, Asmat, Bali dan Jepara.

Karya seni yang utama di lantai ini adalah ukiran dari kayu yang berukuran besar berbentuk Pohon Hayat, Kalpataru. Ukiran pohon ini memiliki tinggi 8 meter dan lebar 4 meter, melambangkan tentang alam semesta serta di dalamnya terkandung 5 unsur dasar yaitu angin, langit, air, api dan bumi. Karya utama ini menjadi penutup pameran yang ada di Museum ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Indonesia
Image Credit: Google Maps Cs Leung

Museum Indonesia terletak di DKI Jakarta, tepatnya di Ceger, Kecamatan Cipayung, Jalan Taman Mini Indonesia Indah, Kota Jakarta Timur. Lokasinya yang berada di Taman Mini Indonesia Indah, sangat mudah sekali untuk ditemukan. Anda bisa pergi kesana dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Bila anda dari arah Kota Jakarta Pusat, anda bisa ambil arah ke Jalan Pramuka. Setelah dari Jalan Pramuka, anda bisa ke Jalan Jendral Ahmad Yani langsung lurus ke Jalan Tol Cililitan 2. Setelah dari Jalan Tol Cililitan 2, lalu ke Jalan Tol Jagorawi. Dan terakhir anda bisa ke Jalan Taman Mini Indonesia Indah ke pintu 1 TMII Jakarta Timur. Setelah sampai di sana, anda bisa menemukan bangunan museum ini.

Harga Tiket Masuk

Tiket Museum Indonesia
Image Credit: Google Maps Deden Supriatna

Harga tiket untuk masuk ke Museum Indonesia berbeda tergantung usianya. Untuk anak-anak cukup membayar uang sebesar Rp 2.000,- per orang, sementara pengunjung dewasa membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang. Namun, untuk turis dari luar negeri atau pengunjung mancanegara dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000,- per orang.

Bagi rombongan yang berjumlah 20 orang akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000,- per orang. sedangkan untuk anak-anak sendiri dikenakan biaya sebesar Rp 1.000,- saja. Harga tiket di sana terbilang cukup murah dan juga terjangkau, hanya dengan membayar tiket masuk segitu, anda sudah bisa menikmati berbagai keindahan yang terdapat di dalam museum.

Kegiatan yang Menarik yang Dilakukan

Kegiatan Museum Indonesia
Image Credit: Google Maps Mohanraj Rasul

1. Melihat Isi Museum

Kegiatan menarik pertama yang bisa anda lakukan di sana ialah melihat isi Museum Indonesia. Museum ini menyimpan berbagai macam koleksi yang dapat memanjakan mata anda. Mulai dari berbagai macam pakaian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, diorama rumah adat, upacara adat dan masih banyak lagi lainnya.

2. Mengambil Foto

Jika kita berkunjung ke sebuah Museum, rugi rasanya bila anda hanya melihat-lihat saja tanpa mengabadikannya lewat kamera. Banyak koleksi berbagai macam keindahan Indonesia yang ada di sana, sangat cocok bila dijadikan spot foto dan objek foto. Anda juga bisa foto selfi di sana bersama keluarga dan kerabat, dijamin pasti anda akan mendapatkan hasil foto yang bagus dan aesthetic.

3. Mencatat

Kegiatan menarik selanjutnya yang dapat anda lakukan jika berkunjung ialah mencatat. Anda bisa mencatat berbagai hal yang anda rasa penting yang ada di dalam Museum Indonesia. Mulai dari informasi pakaian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, upacara adat dan masih banyak lagi. Tak ada salahnya, jadi selain liburan anda juga bisa sekalian menambah wawasan tentang budaya Indonesia.

4. Berkeliling

Setelah puas melihat-lihat koleksi yang ada di museum, anda bisa melanjutkan kegiatan dengan berkeliling area museum. Tak hanya berkeliling di area museum saja, anda bisa melanjutkan berkeliling keluar museum, berkeliling Taman Mini Indonesia Indah. Dijamin pasti akan sangat menyenangkan, melihat koleksi yang ada di dalam museum, lalu menikmati indahnya pemandangan di TMII.

Objek Wisata Terdekat dari Museum Indonesia

Taman Mini Indonesia Indah
Image Credit: Google Maps Tourist Attraction

1. Taman Mini Indonesia Indah

Objek wisata pertama yang lokasinya dekat dengan Museum adalah Taman Mini Indonesia Indah. Bagaimana tidak, lokasi museum sendiri masih satu area dengan Taman Mini Indonesia Indah. Taman Mini Indonesia Indah sendiri merupakan taman wisata yang mengusung tema budaya Indonesia. Jadi, selain ke museum, anda bisa berkeliling di Taman Mini Indonesia Indah.

2. Taman Bekisar

Objek wisata selanjutnya ada Taman Bekisar, di dalam taman ini terdapat berbagai macam kegiatan yang ada hubungannya dengan kehidupan dari Ayam Bekisar. Termasuk di dalamnya pembudidayaan ayam bekisar, ada juga mesin penetas, penangkaran dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan ayam bekisar. Jadi, bagi anda yang hoby ternak ayam bekisar, tempat ini bisa menjadi pilihan liburan.

3. Petualangan Dinosaurus Taman Legenda

Objek wisata di dekat Museum Indonesia yang tak kalah serunya adalah Petualangan Dinosaurus Taman Legenda. Taman ini menawarkan berbagai macam aktivitas untuk dewasa maupun anak-anak. Tempat wisata ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi bersama keluarga. Anda juga bisa menjadikan tempat ini sebagai salah satu pilihan destinasi wisata bersama keluarga jika berkunjung ke Kota Jakarta.

Museum Komodo dan Taman Reptil
Image Credit: Google Maps Dede Guntur

4. Museum Komodo dan Taman Reptil

Museum Komodo dan Taman Reptil merupakan museum yang mengusung tema dunia satwa yang di awetkan. Museum ini sangat pas untuk anak-anak serta pelajar guna mengetahui kekayaan fauna yang terdapat di Indonesia. Bagi anda yang suka dunia reptile dan satwa, museum ini sangat cocok untuk menjadi salah satu pilihan destinasi wisata anda bersama keluarga.

5. Museum Keprajuritan Indonesia

Objek wisata terakhir yang letaknya dekat museum adalah Museum Keprajuritan Indonesia. Museum ini memiliki bentuk bangunan segi 5 dan dikelilingi dengan air seperti benteng pertahanan. Dibangunnya museum ini untuk melestarikan rekaman dan bukti sejarah Indonesia pada masa perjuangan. Museum ini sangat cocok untuk anda kunjungi, agar lebih mengetahui Indonesia.

Itulah tadi ulasan singkat tentang Museum Indonesia serta objek wisata yang ada di dekatnya. Di sana, anda tak cuma hanya bisa liburan saja, tetapi juga bisa belajar banyak tentang seni dan kebudayaan Indonesia. Cocok dikunjungi bersama keluarga, terutama bagi anak-anak sebagai wawasan. Semoga ulasan tadi bisa menjadi referensi liburan untuk anda dan keluarga jika berkunjung ke Kota Jakarta.