Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 10.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Prof. Dr. Sutami No.91, Sukarasa, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Terdapat banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi ketika berada di kota Bandung. Salah satu wisata yang juga mengajarkan tentang sejarah yaitu Museum Barli. Tempat wisata tersebut Anda akan memperoleh pengalaman baru yang tidak mungkin bisa didapatkan di tempat lain.

Museum Bali yang ada di kota Bandung tersebut didirikan sebagai salah satu tempat untuk memamerkan karya seni dari para seniman yang ada di Kota Bandung. Tujuan utamanya yang jauh lebih besar mengapa museum tersebut didirikan yaitu sebagai tempat edukasi dalam rangka membangun kesadaran masyarakat akan sebuah karya seni.

Ide serta gagasan untuk bisa mendirikan museum di kota Bandung tersebut diprakarsai oleh Barli Sasmitawinata selaku pemilik museum. Untuk lebih lengkapnya berikut ini akan diulas pada Anda mengenai sejarah, koleksi, harga tiket dan lain sebagainya terkait museum tersebut.

Sejarah Museum Barli

Sejarah Museum Barli
Image Credit: Google Maps gœհ ͳꬲcⴙ

Gagasan dalam mendirikan bangunan Museum Barli ini diwujudkan pembangunannya dengan dibantu oleh salah seorang arsitek muda yang sangat berbakat dari kota Bandung. Arsitek tersebut bernama Charles Ali. Museum itu sendiri dibangun di sebuah lahan seluas 640 m².

Di dalam Museum tersebut terdapat 3 lantai yang mana terbagi dalam beberapa ruang museum, serta mempunyai fungsi ruangan yang berbeda-beda antara satu sama lain. Peresmian dari museum tersebut dilakukan pada tanggal 26 Oktober 1992 oleh menparpostel. Pada tanggal itu pula lah tempat ini dibuka sebagai wisata bagi para masyarakat umum.

Dengan hadirnya museum yang satu ini, tentu menjadi sebuah sarana apresiasi sebuah karya seni rupa yang memiliki nilai estetik sekaligus jadi tonggak sejarah berkembangnya seni rupa di Kota Bandung. Dengan adanya Museum Barli Bandung tersebut merupakan sebuah refleksi yang mana mencerminkan gaya seni lukis seorang Barli.

Barli sendiri saat itu merupakan salah seorang dari anggota kelompok 5 Bandung bersama dengan Hendra, Affandi, Wahyudi, Gunawan dan juga Soedarso. Dia merupakan seorang pelukis yang memiliki talenta sangat luar biasa. Aliran lukis yang dikuasainya antara lain seperti imoersionisme, realisme serta ekspresionisme.

Banyak sekali seniman-seniman muda yang pernah menimba ilmu dari Barli ini. Seniman tersebut seperti contohnya Srihadi Soedarsono, Popo Iskandar, dan masih banyak lagi yang lainnya. Pendiri dari museum ini lahir di Kota Bandung pada tanggal 18 Maret 1921. Dan meninggal juga di kota Bandung pada tanggal 8 Februari 2007.

Koleksi Museum Barli

Koleksi Museum Barli
Image Credit: Google Maps Richard Saptabharata

1. Galeri Lukisan Serta Mainan Jadul

Museum Barli Bandung dikenal sebagai museum yang di sini menampilkan sebuah pajangan karya lukis bahkan hingga mainan jadul. Oleh karena banyaknya koleksi inilah yang akhirnya membuat banyak sekali pengunjung berdatangan ke tempat tersebut. Ada banyak ragam lukisan-lukisan menarik yang bisa Anda lihat ketika berada di sana.

Lukisan yang dipamerkan berasal dari berbagai aliran. Selain itu juga Anda bisa menemukan mainan jadul. Setelah mengalami renovasi, Anda pun sudah akan melihat kecantikan dari museum tersebut, bahkan ketika Anda masih berada di area depan museum.

Anda akan melihat teras maupun halaman yang jauh lebih luas dan terbuka lebar. Selain itu juga terpasang ornamen ataupun hiasan payung-payung yang begitu cantik dan juga lucu. Selain itu juga tidak ketinggalan terdapat tulisan nama Museum Barli Bandung yang telah diubah jadi lebih tampak kekinian dan cantik.

2. Cafe Museum

Hal menarik selanjutnya yang bisa ditemukan ketika berada di museum yaitu adanya cafe museum. Tujuan dengan dibangunnya kafe yang ada di museum tersebut merupakan jawaban dari tantangan zaman. Serta bentuk usaha agar para pengunjung jadi lebih tertarik untuk berdatangan ke museum.

Museum tersebut dikelola secara mandiri tanpa melibatkan bantuan dari pemerintah. Cafe museum ini telah menjadi salah satu tempat tongkrongan favorit dan populer di Kota Bandung. Cafe ini memiliki area yang sangat luas dan lapang. Selain itu juga cafe ini cukup berbeda jika dibandingkan dengan cafe-cafe lain yang ada di Bandung.

Cafe baru di Bandung tersebut rehabilitasinya telah dimulai ketika awal Januari tahun 2017. Ada banyak sekali ragam menu menarik yang bisa Anda temukan ketika berkunjung ke cafe ini.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat Musuem Barli
Image Credit: Google Maps arditya ramdhan

Bagi Anda yang saat ini tertarik untuk berkunjung ke Museum Barli Bandung, maka Anda bisa mengendarai kendaraan pribadi, seperti contohnya mobil ataupun motor. Namun jika Anda kebetulan tidak membawa kendaraan pribadi, maka Anda masih bisa menggunakan transportasi umum.

Di kota Bandung sendiri tersedia banyak sekali rental mobil yang bisa Anda gunakan jasanya. Mengenai rute untuk menuju lokasi, Anda bisa menggunakan bantuan dari Google Maps. Ketika Anda berada di sana, tentu ada banyak sekali ragam aktivitas yang bisa dilakukan. Selain itu, banyak fasilitas yang bisa dinikmati saat Anda bersama keluarga berkunjung ke museum ini.

Harga Tiket Masuk Museum

Harga Tiket Masuk Museum Barli
Image Credit: Twitter YourBandung

Harga tiket untuk berkunjung ke Museum Barli cukup terjangkau. Bagi pelajar hanya akan dikenakan tarif sebesar Rp10.000 saja. Sedangkan bagi Anda yang masuk kategori dewasa, biaya tiket yang harus dibayar yaitu sebesar Rp 15.000.

Harga tiket itu sangatlah terjangkau jika dibandingkan dengan pengalaman menarik yang bisa Anda dapatkan ketika berada di museum tersebut. Mengenai jam operasional museum itu sendiri mulai dibuka saat menjelang pagi dan ditutup ketika sore hari. Anda bisa mengunjungi museum tersebut setiap hari, karena memang tidak ada hari libur.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Menarik Museum Barli
Image Credit: Google Maps Herry Maulana

1. Menikmati Ragam Koleksi

Ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan ketika berada di Museum Barli tersebut. Museum ini didirikan pada tahun 1992. Sejak saat itu pulalah museum ini menjadi salah satu tempat favorit bagi para wisatawan untuk datang berkunjung. Salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan ketika berada di sana, yaitu menikmati koleksi lukisan serta mainan jadul.

Bagi Anda yang merupakan pecinta dan penikmat lukisan, maka museum ini adalah salah satu tempat yang sangat cocok untuk dikunjungi. Anda akan menyaksikan lukisan dari seorang seniman-seniman yang sudah ternama. Selain itu juga beragam mainan jadul tentu akan membuat Anda bernostalgia pada masa lalu. Tentunya hal itu juga tidak boleh dilewatkan.

Di tempat ini juga sering kali diadakan penjualan karya pameran, souvenir, penjualan griya, merchandise yang tentunya akan membuat para pengunjung jadi lebih bersemangat. Anda bisa membeli beberapa produk kerajinan yang menarik hati Anda.

Selain nantinya bisa melihat karya lukisan yang begitu indah, Anda juga bisa mengikuti salah satu kegiatan yang banyak ditunggu-tunggu oleh wisatawan, yaitu workshop dan juga pelatihan studio keramik. Hal itu akan menambah wawasan Anda nantinya.

2. Menikmati Kuliner di Kafe

Seperti yang telah diulas di atas, bahwasanya di Museum Barli ini terdapat sebuah kafe yang sangat menarik dan juga kekinian. Cafe tersebut menyajikan kuliner yang begitu nikmat. Saat Anda berada di sana, maka ragam kuliner tersebut tentu bisa Anda nikmati. Tidak perlu khawatir mengenai harga dari setiap menu yang disajikan. Karena memang harganya cukup terjangkau.

3. Berburu Foto

Setelah Anda puas berkeliling menyaksikan seluruh koleksi yang ada di museum, maka aktivitas seru selanjutnya yaitu berburu foto. Berburu foto tentunya tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di museum tersebut. Terdapat banyak sekali spot-spot menarik yang bisa digunakan sebagai latar saat Anda ingin mengabadikan momen.

Oleh karena ini, ketika Anda bersama dengan keluarga memutuskan berkunjung ke museum ini, maka pastikan Anda telah membawa kamera agar nantinya bisa mendapatkan gambar-gambar yang menarik ketika berlibur ke sana.

Objek Wisata Terdekat dari Museum Barli

Objek Wisata Terdekat dari Museum Barli
Image Credit: Instagram BLUE’S TRAVEL & TOUR

1. Tebing Keraton

Wisata terdekat dengan Museum Barli yang pertama yaitu tebing keraton. Tempat wisata ini menyajikan lautan pohon yang begitu indah serta warna hijau terhampar indah. Banyak sekali wisatawan yang berdatangan ke tempat tersebut untuk berburu foto yang menarik dengan latar belakang pepohonan hijau rindang. Berkunjung ke Kota Bandung, maka perlu mampir ke tempat ini.

2. Braga

Untuk tempat wisata yang selanjutnya yaitu Braga. Di tempat wisata ini tersedia bar, restoran, bahkan hingga coffee shop dengan desain kekinian. Anda pun juga dapat menemukan para penjual lukisan yang stay di pinggiran jalan. Di tempat yang satu ini Anda akan menemukan banyak sekali spot foto menarik yang bisa ditemukan.

3. Tahura

Tahura merupakan salah satu tempat wisata yang berbentuk taman. Namun bukan sekedar taman, tempat ini adalah hutan kota yang terdapat di area Dago Pakar. Warga sekitar memang seringkali menyebut tempat wisata taman ini sebagai Tahura. Di tempat inilah nantinya Anda akan menemukan banyak sekali pengalaman seru untuk menjelajahi hutan di tengah-tengah kota.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Museum Barli di Bandung yang perlu untuk Anda ketahui. Bagi Anda yang kebetulan tengah berkunjung ke Kota Bandung, maka perlu menyempatkan diri untuk mampir di tempat yang satu ini. Karena terdapat banyak sekali pengalaman seru yang bisa Anda peroleh ketika berada di museum tersebut.