Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Kasunyatan, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten; Map: Cek Lokasi

Keraton Kaibon merupakan sebuah bangunan bersejarah di Provinsi Banten, yang dibangun untuk Ratu Aisyah, Ibu dari Sultan Syafiudin. Keraton ini juga menjadi salah satu cagar budaya di Provinsi Banten. Keraton ini memiliki arsitektur serta desain bangunan yang unik. Lokasinya juga tak jauh dari pusat kota, jadi cukup mudah untuk anda menemukannya.

Meskipun bangunan Keraton tak lagi utuh, tetapi Keraton ini menyuguhkan pemandangan kuno yang sangat unik dan khas. Tak hanya itu saja, Keraton ini juga memiliki daya tarik yang membuat banyak wisatawan berkunjung kesana. Salah satunya daya tariknya antara lain arsitektur bangunan yang unik, Keraton ini dibangun seolah memang di atas air.

Daya tariknya tak hanya itu saja, masih banyak daya tarik lainnya yang tidak akan bisa anda temukan di tempat lain. Jadi, sangat cocok jika Keraton Kaibon ini dijadikan sebagai destinasi wisata untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga. Tak hanya itu saja, di sana selain anda bisa liburan, anda juga bisa sekalian mengetahui sejarah Indonesia lewat Keraton itu.

Sejarah Keraton Kaibon

Sejarah Keraton Kaibon
Image Credit: Twitter Belum Lima Menit

Di lihat dari namanya sendiri, Kaibon berarti Keibuan, tujuan dibangunnya Keraton ini memang untuk Ratu Aisyah, Ibu dari Sultan Syafiudin. Sebagi tempat tinggal Ratu Aisyah. Mengingat pada saat itu, Sultan Syafiudin ketika menjadi Sultan ke 21 Kerajaan Banten, usianya masih terlalu muda untuk memegang amanah pemerintahan. Keraton Kaibon ini didirikan kurang lebih pada tahun 1815.

Namun di tahun 1832, Keraton itu dihancurkan oleh Belanda bersama dengan Keraton Surosawan. Penghancuran Keraton itu awal mulanya saat Du Puy, utusan Daen Dels menunggu Sultan Syafiudin untuk melanjutkan proyek pembuatan jalan mulai dari Anyer hingga Panarukan dan juga pelabuhan Belanda di Labuhan atau Teluk Lada.

Tetapi Sultan Syafiudin secara tegas menolaknya, bahkan dia memenggal kepalah Du Puy serta menyerahkannya kepada Daen Dels. Hal itu membuat Daen Dels marah besar hingga dia menghancurkan Keraton. Berbeda halnya dengan Keraton Surosowan, yang kondisinya rata dengan tanah, kondisi Keraton menyisakan gerbang serta pintu-pintu kompleks Istana.

Setidaknya, pada keraton ini pengunjung masih bisa melihat struktur konstruksi Keraton yang masih berdiri tegak. Sebuah pintu dengan ukuran besar atau biasa disebut Pintu Paduraksa dengan bagian yang atas tersambung, nampak masih dapat dilihat. Beberapa deret Candi Bentar yang merupakan sebuah gerbang bersayap.

Daya Tarik Keraton Kaibon

Daya Tarik Keraton Kaibon
Image Credit: Google Maps Kodrat Darmawan

Bila anda berkunjung ke wilayah Banteng, tak ada salahnya bila mampir ke Keraton Kaibon. Sebab Keraton itu merupakan bangunan bersejarah yang wajib anda kunjungi dan di sana juga memiliki daya tarik yang tidak akan bisa anda temukan di tempat lain. Daya tarik itu antara lain seperti:

1. Bangunan Bersejarah

Daya tarik utama dari Keraton ini yang membuat Keraton ini banyak dikunjungi oleh wisatawan tentu saja karena bangunan ini merupakan bangunan bersejarah. Kebanyakan dari mereka penasaran tentang sejarah apa yang tersimpan dalam Keraton ini, maka dari itu Keraton ini sering jadi destinasi wisata para wisatawan jika berkunjung ke Provinsi Banten.

2. Pemandangan yang Alami

Daya tarik dari Keraton Kaibon selanjutnya adalah pemandangan Keraton yang indah. Meskipun bangunan yang ada di sana kini sudah tidak lagi utuh, tetapi Keraton ini menyuguhkan pemandangan kuno yang sangat unik dan khas, serta dikelilingi dengan daerah padang rumput membuat Keraton seakan lebih alami. Jadi sangat cocok bila dijadikan spot foto dan objek foto.

3. Memiliki Arsitektur yang Unik

Keraton ini memiliki arsitektur yang unik, sebab sekeliling Keraton sebenarnya adalah arus air. Artinya Keraton ini dibangun seolah memang di atas air. Jalan masuk ke Keraton baik dari depan atau belakang, harus melintasi jalan air.

Daya Tarik Dimiliki Keraton Kaibon
Image Credit: Google Maps ruspandi

4. Desain Bangunan yang Unik

Walaupun Keraton ini dibangun untuk tempat tinggal Ratu Aisyah, tetapi desainnya tetap unik. Kesan keislaman tetap ada pada Keraton ini, karena bangunan inti dari Keraton Kaibon ternyata ialah sebuah masjid, yang memiliki beberapa pilar tinggi yang anggun dan megah. Tak heran bila banyak wisatawan yang berkunjung kesana karena terkesima dengan desain bangunan Keraton.

5. Terdapat Pintu Paduraksa

Daya tarik terakhir dari Keraton ini ialah adanya Pintu Paduraksa. Pintu Paduraksa sendiri ialah sebuah pintu dengan ukuran yang sangat besar. Bagian yang atas tersambung, nampak masih dapat dilihat. Tak hanya itu saja, ada beberapa deret Candi Bentar yang merupakan sebuah gerbang bersayap. Maka dari itu, karena keunikan itu banyak wisatawan yang mengunjungi Keraton ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Keraton Kaibon
Image Credit: Google Maps Andika Nusanta Utama

Keraton Kaibon berada di Provinsi Banten, tepatnya di Kecamatan Kasemen, Kelurahan Kasunyatan, Kampung Kroya. Lokasinya tak jauh dari pusat kota, jadi cukup mudah bagi anda untuk menemukannya. Anda bisa menuju kesana dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Bila anda dari Kota Banten, anda bisa ke arah Jalan Raya Sampay. Setelah itu, anda bisa belok ke kanan menuju Jalan Raya Rangkasbitung Pandeglang. Kemudian setelah itu anda bisa menuju Jalan Raya Warunggunung. Terakhir anda langsung saja ke arah Jalan Raya Banten yang letaknya di Kota Serang. Barulah anda tinggal ikuti pertunjuk jalan untuk ke Keraton.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Keraton Kaibon
Image Credit: Twitter mbak

1. Melihat Keindahan Keraton

Kegiatan utama yang bisa anda lakukan jika berkunjung ke Keraton Kaibon adalah melihat keindahan Keraton. Meskipun bangunan yang ada di sana kini sudah tidak lagi utuh, tetapi justru itu salah satu keindahannya. Melihat bangunan peninggalan bersejarah yang masih asli sejak jaman dahulu, belum ada yang dirubah.

2. Mengambil Foto

Rugi rasanya jika anda berkunjung ke bangunan bersejarah tanpa mengabadikannya dengan kamera. Pemandangan dari bangunan Keraton kuno yang sangat khas, cocok bila dijadikan spot foto dan objek foto. Anda bisa foto selfi di sana bersama keluarga dan kerabat, dijamin anda akan mendapatkan hasil foto yang bagus dan estetik.

3. Berkeliling Keraton

Jika anda berkunjung ke Keraton, sangat sayang bila anda tak berkeliling di sekitaran sana. Sebab tak hanya bangunan Keratonnya saja yang indah, pemandangan yang disuguhkan, serta desain dan arsitektur yang unik, sayang bila kita lewatkan.

4. Menulis

Kegiatan menarik selanjutnya yang dapat anda lakukan jika ke Keraton ialah menulis. Anda bisa menulis berbagai hal yang dirasa penting yang ada di dalam Keraton. Seperti sejarah yang ada di Keraton dan masih banyak lagi. Tak ada salahnya bukan, jadi selain liburan anda juga bisa sekalian menambah wawasan sejarah.

Objek Wisata Terdekat dari Keraton Kaibon

Image Credit: Twitter kasafobiz

1. Keraton Surosowan

Objek wisata pertama yang letaknya sangat dekat dengan Kaibon adalah Keraton Surosowan. Keraton Surosowan ini merupakan bangunan bersejarah yang didirikan bersamaan dengan Keraton Kaibon. Keraton ini merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, sekalipun telah hancur dan hanya tersisa beberapa bangunan saja. Justru kondisi bangunan yang masih asli itu, yang menjadi daya tarik.

2. Benteng Speelwijk

Objek wisata selanjutnya ada Benteng Speelwijk, benteng ini dulu didirikan untuk melawan penduduk Banten yang tak senang dengan kedatangan Belanda. Selain itu benteng ini juga dijadikan basis pertahanan oleh Belanda. Banyak wisatawan yang berkunjung ke benteng ini, untuk melihat indahnya bangunan bersejarah peninggalan Belanda itu.

3. Danau Tasikardi

Danau Tasikardi merupakan tempat wisata berupa danau buatan. Danau ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah, mulai dari air danau yang luas dan biru, pepohonan rindang yang ada di sekitarnya. Maka tak heran banyak wisatawan yang berkunjung kesana, biasanya sebagian dari mereka menjadikan danau ini sebagai spot foto.

Danau Tasikardi
Image Credit: Twitter Situs Budaya

4. Museum Purbakala

Satu lagi objek wisata di jaraknya tak jauh dari Keraton yang wajib anda kunjungi adalah Museum Purbakala. Museum ini menyimpan berbagai macam koleksi benda purbakala jaman penjajahan dulu. Museum ini sangat banyak peminatnya, terutama wisatawan yang suka dengan sejarah. Museum ini bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata yang wajib anda kunjungi ketika ke Banten.

5. Taman Rekreasi Mahoni Bangun Sentosa atau MBS

Objek wisata terakhir yang lokasinya dekat dengan Keraton Kaibon adalah Taman rekreasi MBS. Taman wisata ini menyuguhkan pemandangan indah bergaya Eropa. Tak hanya pemandangannya saja yang indah, di sana juga terdapat area bermain. Taman wisata ini sering dijadikan sebagai spot foto bagi para wisatawan karena memiliki pemandangan yang indah, dengan replika bangunan model Eropa.

Demikian ulasan singkat tentang Keraton Kaibon serta objek wisata yang ada di sekitarnya. Anda bisa menjadikan Keraton ini menjadi salah satu pilihan destinasi wisata bersama kerabat dan keluarga. Selain bisa liburan, di sana anda juga bisa menambah pengetahuan tentang sejarah jaman Belanda. Semoga ulasan tadi bisa menjadi referensi liburan bagi anda dan keluarga ketika berkunjung ke Provinsi Banten.