Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: Pukul 07.00-15.00 WIB, Alamat: Tambak, Desa Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Salah satu tempat wisata yang cukup populer di wilayah Jawa Tengah dan bisa menjadi alternatif destinasi untuk Anda yaitu candi Sukuh. candi tersebut merupakan tempat yang cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik itu asing ataupun dalam negeri. Anda akan menemukan banyak sekali pengunjung terutama ketika hari libur.

Berkunjung ke tempat ini tentunya akan memberikan sensasi baru dalam liburan Anda. candi yang merupakan peninggalan zaman dahulu ini tentunya akan memberikan pengetahuan mengenai sejarah masa lalu. Selain itu juga tempat ini menawarkan pesona keindahan yang tidak mungkin bisa diabaikan.

Ketika berada di solo, maka pastikan Anda berkunjung ke candi tersebut. Ada banyak ragam daya tarik dan aktivitas yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai sejarah, daya tarik, lokasi dan lain sebagainya terkait candi Sukuh yang perlu untuk Anda ketahui.

Sejarah Candi Sukuh

Sejarah Tarik Candi Sukuh
Image Credit: Google Maps Meydiana Suryaningtyas

Salah satu candi peninggalan peradaban Hindu ketika masa Kerajaan Majapahit. Candi tersebut terletak di Provinsi Jawa tengah, yaitu di Kabupaten Karanganyar. Candi itu sendiri berada di sebuah lereng dari kaki Gunung Lawu. Sehingga dengan begitu ketika Anda berkunjung ke tempat ini otomatis bisa melihat Gunung Lawu.

Candi Sukuh ditemukan oleh salah seorang arkeolog ketika masa pemerintahan kolonial dahulu. Candi ini tepatnya ditemukan pada tahun 1815. Dan pada tahun 1917 usaha pelestarian untuk kompleks dari candi mulai dilakukan. Sedangkan pendirian diperkirakan terjadi pada abad sekitar 15 Masehi.

Julukan yang diberikan pada candi yang telah memiliki usia sangat tua ini yaitu the last temple. Julukan tersebut diberikan karena memang candi yang satu ini merupakan peninggalan terakhir di zaman Majapahit. Awal kali ditemukan objek wisata tersebut sempat menjadi kontroversial.

Hal itu dikarenakan beberapa arca atau patung menggambarkan sesuatu yang dirasa cukup tidak layak untuk dipertontonkan. Memang terdapat beberapa patung yang secara vulgar menggambarkan alat reproduksi. Namun meski begitu, candi ini terkenal oleh karena keunikan yang dimilikinya.

Salah satu keunikan dari Candi Sukuh yaitu bentuknya yang mirip candi dari suku Maya, yaitu berbentuk trapesium. Oleh karena itulah, tak heran jika candi tersebut menjadi salah satu yang cukup menarik di kawasan Asia tenggara, khususnya di Indonesia. Bahkan ketika tahun 1995 candi ini diajukan sebagai salah satu warisan dunia ke UNESCO.

Menurut perkiraan para ahli sendiri, candi dibangun untuk menangkal segala kekuatan yang memiliki aura hitam atau buruk. Hal itu berdasar dari relief yang dimuat di dalam candi. Salah satu buktinya yaitu arca kura-kura dan garuda yang bisa Anda temukan di kawasan candi ini.

Daya Tarik Candi Sukuh

Daya Tarik Candi Sukuh
Image Credit: Google Maps 30_Ashar Bagus Riyadi 352

1. Keindahan dan Keunikan Arsitektur

Terdapat banyak sekali hal-hal menarik yang bisa Anda temukan di sana. Anda akan mendapati prasasti, patung, arca dan juga relief yang tersebar di luar ataupun di area dalam dari candi. Suasana sakral di area tersebut juga masih bisa Anda rasakan dengan jelas. Karena memang di tempat ini banyak orang yang meletakkan sesajen, utamanya di area sudut-sudut bangunan candi.

Penting untuk Anda ketahui, bahwasannya candi ini menghadap ke arah barat. Hal itu tentunya berbeda dengan peninggalan-peninggalan dari kerajaan Majapahit umumnya yang banyak menghadap ke matahari terbit.

Candi-candi peninggalan Majapahit umumnya akan menggambarkan keagungan Gunung Semeru namun tidak demikian dengan candi Sukuh. Candi ini memiliki bagian puncak yang terpotong. Selain itu juga terdapat area teras yang bertingkat dengan anak tangga yang terletak di tengah-tengahnya. Terdapat juga patung besar yang mengelilingi serta sejumlah monolid.

2. Terdiri dari 3 Teras

Candi Sukuh ini mempunyai teras berjumlah 3. Dan di masing-masing daerah tersebut Anda akan melihat keunikan yang berbeda-beda. Untuk teras yang pertama merupakan gerbang utama bagi Anda yang ingin masuk candi. Kemudian akan dilanjutkan ke teras yang bagian 2, di mana di sana terdapat sebuah gapura yang sudah tidak utuh lagi.

Di samping kiri dan juga kanan gapura Anda akan menemukan sebuah patung dwarapala. Patung tersebut adalah patung penjaga dari gapura. Untuk teras yang terakhir Anda akan mendapati pelataran yang cukup besar. Di sanalah Candi Sukuh berada. Teras ketiga inilah yang merupakan teras utama dan teras terakhir.

Saat Anda mulai menaiki anak tangga di dalam lorong, maka akan disuguhi relief yang dapat dibilang cukup vulgar dan erotis yang terpahat jelas lantainya. Di dalam relief tersebut digambarkan cerita mengenai phallus yang tengah berhadapan dengan vagina. Sebenarnya cerita tersebut bukan dimaksudkan untuk hal-hal yang porno.

Namun, merupakan relief yang melambangkan kesuburan dan tentunya terdapat filosofi yang termuat dalam relief. Ada makna yang begitu mendalam dari relief yang kesannya memang vulgar ini. Sengaja dipahat di atas sebuah lantai pintu masuk dengan maksud agar nantinya siapa saja yang melewati relief, maka setiap kotoran yang terdapat di dalam tubuhnya akan sirna.

Bahkan menurut cerita dari juru kunci candi, relief yang dibuat di atas lantai tersebut merupakan relief yang digunakan untuk tes calon pengantin apakah masih perawan atau tidak. Para pengantin laki-laki akan meminta calon istrinya untuk melangkahi relief untuk bisa melihat hal itu.

Calon pengantin yang memang masih benar-benar perawan, tidak akan terbukti, hal itu bisa dilihat dari kondisi kain kebaya yang mereka kenakan ketika melangkah di atas relief. Jika ternyata kain kebaya yang dipakainya tidak terjatuh atau robek, maka dikatakan bahwa wanita tersebut masih perawan. Namun, sebaliknya jika kain yang dikenakan terlepas maka hal itu menunjukkan bahwa si wanita sudah tidak lagi perawan.

3. Fasilitas yang Memadai

Daya tarik berikutnya yaitu fasilitas yang di sediakan di Candi Sukuh ini sudah sangat memadai. Hal itu tentunya akan membuat para pengunjung merasa nyaman dan betah ketika berada di sana. Anda akan menemukan area parkir kendaraan yang cukup luas. Bagi Anda yang beragama muslim pun di tempat ini juga disediakan mushola untuk melakukan ibadah salat.

Selain itu juga tersedia penginapan bagi yang ingin bermalam di candi. Harga dari penginapan yang tersedia juga terbilang variatif dan cukup terjangkau. Anda tidak perlu khawatir sekalipun pergi ke tempat ini dengan membawa uang pas-pasan. Karena memang candi Sukuh merupakan salah satu wisata murah yang bisa Anda temukan di Jawa Tengah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Tarik Candi Sukuh
Image Credit: Google Maps Ari Wibowo

Seperti yang telah diulas di atas, candi yang satu ini terletak di Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Tepatnya yaitu berada di Kecamatan Ngargoyoso. Jika Anda merupakan salah satu wisatawan yang berasal dari Kota Karanganyar, tentu untuk menemukan lokasi dari candi ini bukan merupakan hal yang susah untuk dilakukan.

Namun, bagi Anda yang merupakan wisatawan luar kota atau mungkin wisatawan asing, tentunya akan sedikit bingung. Tidak hanya mengenai di mana lokasinya, tapi juga sarana transportasi apa yang nantinya perlu untuk digunakan agar bisa sampai di candi tersebut.

Rute untuk menuju Candi Sukuh terbilang sangat baik, sehingga disini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, seperti motor ataupun mobil. Untuk menemukan lokasinya sendiri Anda bisa menggunakan bantuan dari Google Maps yang ada di Smartphone Anda. Nantinya hanya tinggal melihat dan mengikuti petunjuk arah yang diberikan.

Namun, bagi Anda yang kebetulan tidak membawa kendaraan pribadi, maka Anda pun masih bisa menuju tempat ini dengan menaiki kendaraan umum. Di kota tersebut Anda bisa menemukan banyak bis ataupun angkutan lain untuk bisa menuju ke desa tujuan. Setelah sampai, Anda bisa melanjutkan dengan memakai ojek ataupun sewa kendaraan untuk menuju lokasi candi.

Harga Tiket Masuk

Tiket Tarik Candi Sukuh
Image Credit: Google Maps arga hadinata

Seperti yang telah dijelaskan, candi sukuh merupakan salah satu tempat wisata murah yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Kabupaten Karanganyar. Hal itu dikarenakan ketika Anda berkunjung ke tempat ini hanya memerlukan biaya sebesar Rp 3.000 saja untuk bisa menikmati pemandangan yang ditawarkan.

Bagi Anda yang ingin menuju ke tempat tersebut, maka jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan kesehatan. Seperti contohnya antiseptik dan lain sebagainya. Siapkan pula kendaraan dan pastikan kondisi fisik Anda benar-benar fit agar liburan jadi berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Tarik Candi Sukuh
Image Credit: Google Maps I.A Wibowo

1. Menjelajahi Candi

Berwisata ke Candi Sukuh tentunya akan berbeda ketika Anda berwisata ke pantai ataupun tempat-tempat lainnya. Di tempat ini nantinya Anda akan melihat kemegahan dari bangunan yang dibuat beberapa abad lalu. Anda bisa menyusuri setiap sudut dari candi tersebut. Ada banyak sekali kemegahan dan keindahan yang ditawarkan di sana.

Seperti yang telah diulas di atas, bahwa candi ini terdiri atas tiga teras. Masing-masing teras akan menyajikan keindahan-keindahan yang tak mungkin Anda dapat di tempat lain. Keindahan tersebut seperti contohnya patung, stupa, relief dan lain sebagainya. Anda bebas untuk menyusuri setiap bagian dari candi ini.

2. Mempelajari Sejarah

Aktivitas yang satu ini tentu akan sangat menyenangkan bagi Anda yang memang pecinta sejarah nusantara. Di sanalah nantinya Anda akan memperoleh pengetahuan lebih mengenai asal mula dari Candi Sukuh. Selain itu, relief yang terpahat di sana juga akan memberikan banyak sekali informasi pada Anda.

3. Berburu Foto

Tentunya ketika berada di candi ini Anda tidak boleh melewatkan aktivitas yang wajib dilakukan ini, yaitu berburu foto. Mengabadikan momen dengan berswafoto memakai latar belakang candi tentu akan membuat hasil jepretan yang Anda buat terkesan unik dan menarik. Terlebih ketika Anda datang saat matahari terbenam. Maka tentunya foto yang didapat akan semakin indah.

Objek Wisata Terdekat dari Candi Sukuh

Pandawa Water World
Image Credit: Google Maps Candra Kurniawan

1. Taman Cerdas

Salah satu destinasi wisata yang berada dekat dengan Candi Sukuh yaitu taman cerdas. Taman ini sesuai dengan namanya, yaitu memberikan edukasi bagi para pengunjung yang datang. Memiliki luasan area sekitar 2000 meter persegi. Di sana terdapat banyak sekali permainan serta fasilitas yang bisa Anda temukan. Salah satu contohnya yaitu wahana lukis tiga dimensi.

2. Pandawa Water World

Untuk tempat wisata berikutnya sangat cocok bagi Anda yang memang suka dengan berbagai macam wahana menarik. Pandawa water world memiliki setidaknya 27 wahana seru yang bisa Anda mainkan bersama dengan anak-anak Anda. Karena itu jika kebetulan Anda berkunjung bersama dengan keluarga, maka sempatkan diri untuk mampir di tempat wisata ini.

3. Kampung Batik Kauman

Untuk destinasi wisata terakhir yang berada dekat dengan candi yaitu Kampung Batik Kauman. Terletak di pusat kota, sehingga membuat tempat wisata ini mudah untuk ditemukan. Bagi Anda para pecinta batik, maka di tempat inilah Anda akan menemukan banyak macam jenis-jenis batik dari berbagai penjuru daerah.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Candi Sukuh yang perlu untuk Anda ketahui. Berkunjung ke Kabupaten Karanganyar, Jawa tengah, tidak lengkap rasanya jika tidak mampir di tempat wisata tersebut. Di sanalah nantinya Anda akan memperoleh pengalaman seru dan menyaksikan relief serta bangunan candi yang telah berusia ratusan tahun lamanya.