Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-15.00 WIB, Alamat: Candisari, Bendan, Tirtomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Candi Sari atau biasa disebut dengan Candi Benda ialah salah satu peninggalan bersejarah yang wajib kita kunjungi bila liburan ke Kota Yogyakarta. Candi ini berlatar belakang agama Budha, terlihat dari bentuk stupanya. Pada jaman dahulu candi ini berfungsi sebagai asrama atau biara untuk para pendeta.

Candi ini mempunyai beberapa daya tarik yang hanya bisa kita temukan di sana. Antara lain seperti adanya 36 buah patung atau Arca Bodhisattva dan masih banyak yang lainnya. Jadi tak heran bila banyak wisatawan yang berkunjung kesana untuk melihat keindahan itu.

Objek wisata ini cocok bila dijadikan salah satu pilihan tempat liburan bersama keluarga dan kerabat. Selain liburan, kita bisa sekaligus belajar sejarah. Lokasi candi ini juga dekat dengan pusat kota, jadi kita cukup mudah untuk bisa menemukannya.

Sejarah Candi Sari

Sejarah Candi Sari
Image Credit: Google Maps Vinh Phuc

Diperkirakan Candi Sari dibangun pada masa kepemimpinan Rakai Panagkaran yaitu kurang lebih abad ke 8 Masehi. Pembangunan candi ini bertepatan dengan waktu dibangunnya Candi Kalasan. Kedua candi itu memang mempunyai banyak kemiripan dari segi reliefnya maupun segi arsitektur. Keterkaitan antar kedua candi sudah diterangkan dalam sebuah Prasasti Kalasan tahun 778 Masehi.

Dalam Prasasti Kalasan dijelaskan bahwa dahulu para penasehat agama Wangsa Syailendra menyarankan Tajepurnama Panangkarana atau Rakai Panagkaran agar membuat bangunan suci yang ditujukan sebagai tempat pemujaan untuk Dewi Tara serta sebuah biara yang digunakan untuk pendeta-pendeta Budha. Akhirnya dibangunlah sebuah Candi Kalasan sebagai tempat pemujaan untuk Dewa Tara, sementara untuk biara pendeta-pendeta Budha, dibangun Candi Sari.

Kemudian sekitar abad ke 20 candi ini mulai ditemukan kembali dalam kondisi yang sudah rusak berat. Di tahun 1929-1930 candi bersejarah ini mulai dipugar oleh Oudheidkundige Dienst atau Jawatan Purbakala. Hasil dari pemugaran masih belum sempurna sebab banyak bagian penyusun candi yang hilang, akhirnya bagian yang hilang, terpaksa diganti menggunakan batu polos.

Candi yang saat ini letaknya di dekat candi kalasan ialah sebagian kecil dari kumpulan susunan candi yang telah hilang. Pintu masuk dari candi ini dijaga oleh Arca Dwarapala sepasang yang memegang ular dan gada layaknya yang ada di Wihara Plaosan.

Daya Tarik Candi Sari

Daya Tarik Candi Sari
Image Credit: Google Maps Raynardthan Pontoh

Bila kita berkunjung ke Kota Yogyakarta, kurang kengkap rasanya bila kita tidak berkunjung ke Candi Sari. Karena candi ini memiliki beberapa daya tarik unik yang tidak akan bisa kita temukan di tempat lain, antara lain:

1. 36 Arca Bodhisattva

Candi ini mempunyai dinding yang sama dengan dinding Candi Kalsan. Bagian dinding candi ditutup menggunakan Vajralepa atau semen hitam, di mana pada bagian luar dihiasi pahatan Patung atau Arca Bodhisattva.

Jumlah Patung atau Arca Bodhisattva ada 36 buah, 12 arca ada di bagian barat, 8 arca ada di bagian timur atau depan, serta 8 sisanya berada di bagian selatan dan utara. Masing-masing Patung atau Arca Bodhisattva digambarkan dengan posisi sedang memegang teratai atau sikap Tribangga sebagai lambang dari keindahan.

2. Pahatan di Dinding yang Indah

Pada dinding candi ini tidak hanya terdapat pahatan Arca Bodhisattva saja, tetapi juga ada beberapa macam pahatan lain yang tak kalah indah. Antara lain seperti pahatan Kinara Kinari yang merupakan pahatan berupa manusia burung, Kumuda atau teratai putih, Kalamkara Candi dan Sulura.

Daya Tarik di Candi Sari
Image Credit: Google Maps Ardian Pratama

3. 9 Stupa Berjajar

Bila pada candi umumnya mempunyai susunan stupa yang berundak, terdiri dari beberapa stupa mulai stupa yang kecil hingga yang besar, berbeda halnya dengan Candi Sari. Candi ini mempunyai 9 stupa di mana stupa tersebut memiliki susunan 3 deret yang sejajar.

Ukuran candi ini tidak terlalu besar, hanya berukuran panjang 17,3 meter, lebar 10 meter serta tinggi 17 meter. Sehingga nampak luar, bangunan candi ini terlihat seperti bangunan kotak sederhana.

4. Spot Foto Unik

Daya tarik selanjutnya ialah banyak spot foto dan objek foto yang menarik di sana, yang tentunya hanya bisa kita temukan di candi ini. Sehingga di sana, kita tidak hanya sekedar melihat-lihat benda bersejarah saja tetapi juga mengabadikan lewat kamera.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat dan Tiket Candi Sari
Image Credit: Google Maps Supri Yatno

Candi Sari berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Sleman, Kecamatan Kalasan, Desa Tirtomartani. Candi ini sangat dekat letaknya dengan Candi Prambanan, Candi Kalasan dan Candi Sambisari. Untuk menuju candi ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Bila anda menggunakan angkutan umum, anda bisa naik bus dengan rute Yogya-Solo. Bila sudah sampai di Terminal Giwangan atau fly over anda bisa turun tidak jauh dari lokasi Candi Kalasan. Bila Candi Kalasan ada di sebelah kanan jalan, anda bisa memilih belok ke kiri sekitar 3 kilometer, maka anda akan menemukan lokasi Candi.

Harga tiket untuk masuk ke candi ini berbeda antara wisatawan nasional dan mancanegara. Untuk wisatawan nasional sendiri hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang, sementara wisatawan mancanegara akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang. Candi ini dibuka sejak pukul 8 pagi hingga pukul 3 sore.

Kegiatan Menarik yang Dilakukan Pengunjung

Kegiatan Menarik Candi Sari
Image Credit: Google Maps Erd Yanti

1. Melihat Benda-benda Bersejarah

Hal pertama yang pasti kita lakukan ketika berkunjung ke sebuah candi pastilah melihat-lihat bangunan candi. Namun tak hanya itu saja, banyak benda-benda bersejarah di sana yang bisa memanjakan mata kita, seperti relief-relief, arca dan masih banyak lagi.

2. Bersepeda

Selain berjalan kaki, kita bisa mengelilingi candi dengan mengendarai sepeda. Selain dapat menikmati keindahan candi dan pemandangan di sana, anda juga bisa sekalian berolahraga dengan menggunakan sepeda, sehingga olahraga menjadi terasa menyenangkan, tidak berat.

3. Mengambil Foto

Kegiatan yang tak kalah menarik jika kita mengunjungi sebuah candi ialah berfoto. Bagaimana tidak, bangunan candi serta segala macam pernak-pernik yang ada di sana cocok digunakan untuk spot foto dan objek foto. Selain memfoto candi dan segala pernak-perniknya, kita juga bisa foto selfi di sana. Dijamin kita akan mendapatkan hasil foto yang sangat bagus dan instagenik.

Kegiatan Menarik di Candi Sari
Image Credit: Instagram Mira Hoeng

4. Bersantai

Bersantai tak hanya bisa kita lakukan di pantai saja, candi juga bisa gunakan sebagai tempat untuk bersantai. Kita bisa bersantai di taman sekitar candi sambil melihat indahnya candi serta pemandangan yang ada di sana. Sangat cocok dijadikan tempat bersantai untuk sekedar melepas lelah.

5. Menulis

Hal terakhir yang mungkin bisa kita lakukan jika berkunjung ke sebuah candi ialah menulis. Kita bisa menulis hal-hal penting berkaitan dengan candi dan sejarahnya untuk menambah pengetahuan kita tentang sejarah Indonesia.

Objek Wisata Terdekat dari Candi Sari

Objek Wisata Terdekat dari Candi Sari
Image Credit: Google Maps Awal Fadly

1. Candi Kalasan

Objek wisata pertama yang pasti dekat dengan lokasi Candi Sari adalah Candi Kalasan. Bentuk dari candi ini serupa bujur sangkar serta atapnya memiliki bentuk yang unik, menarik bila diteliti pecinta bangunan lama atau kuno. Sama halnya dengan candi ini, Canda Kalasan juga bisa menjadi objek wisata menarik, karena selain liburan di sana kita bisa sekaligus belajar sejarah.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan ini termasuk candi agama Hindu yang tercantik dan tertinggi di Indonesia. Pada dinding Candi Prambanan ini terdapat kisah cinta Rama Shinta. Di candi ini juga ada pertunjukan sendratari setiap Selasa, Kamis juga Sabtu. Jadi selain melihat keindahan Candi Prambanan, kita juga bisa menikmati sendratari yang ditampilkan di sana.

3. Tebing Breksi

Tebing breksi ini adalah bekas tambang alam yang sekarang sudah dijadikan sebagai salah satu objek wisata paling terkenal di Kota Gudeg. Tebing dan perbukitan batuan dengan corak yang indah menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh objek wisata yang satu ini. Jadi, tak heran bila banyak wisatawan lokal maupun luar yang berkunjung kesini.

4. Ratu Boko

Ratu Boko ialah sebuah situs purbakala berupa sisa-sisa bangunan bersejarah berupa profan, dilengkapi dengan kolam pemandian, pendopo, gerbang masuk, tempat tinggal dan pagar pelindung. Letak Ratu Boko ini ada di atas sebuah bukit yang tinggi. Jadi bisa dipastikan pemandangan yang di suguhkan di sana tentu sangat indah, maka tak heran banyak wisatawan yang berkunjung kesana.

5. Tlatar Seneng

Objek wisata terakhir yang letaknya tak jauh dari Candi Sari ialah Tlatar Seneng. Tlatar seneng ini merupakan objek wisata yang mempunyai lahan luas, serta terdapat dinding kapur yang merupakan endapan vulkanik dari gunung purba. Keunikan inilah yang membuat banyak wisatawan berkunjung kesana.

Demikian ulasan singkat tentang Candi Sari serta objek wisata yang ada di sekitarnya. Banyak koleksi benda bersejarah di sana, serta pemandangan indah sekitar candi yang bisa memanjakan mata kita. Selain itu di candi ini, kita tak hanya bisa liburan saja, tetapi juga bisa sekalian belajar tentang sejarah di sana. Jadi tunggu apalagi, jadikan Candi Sari sebagai salah satu tujuan wisata anda dan keluarga.