Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Karangsari, Desa Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Candi Arjuna ialah salah satu dari bangunan candi yang terdapat di Kompleks Percandian Arjuna, Jawa Tengah. Candi ini merupakan candi yang paling luas di antara candi lain di sekitarnya, tak hanya yang paling luas tetapi juga candi yang paling tua di Tanah Jawa.

Candi ini memiliki daya tarik tersendiri yang menyebabkan banyak wisatawan berkunjung kesana. Antara lain seperti adanya beberapa benda-benda bersejarah yang cuma bisa anda temukan di candi ini, seperti relief, arca dan masih banyak lagi yang lainnya. Tak hanya itu saja, daya tarik lain dari candi ini adalah candi ini masih sering digunakan untuk ritual seperti ritual Ruwatan Rambut Gimbal.

Selain bangunannya yang bersejarah, Candi Arjuna juga menyajikan pemandangan alam yang indah di sekitar candi. Letak candi yang ada di dataran tinggi, serta sejuknya angin di sekitar menambah indah suasana di sana. Jadi sangat cocok bila dijadikan destinasi wisata untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga dan kerabat.

Sejarah Candi Arjuna

Sejarah Candi Arjuna
Image Credit: Google Maps Femy Patty

Di dataran tinggi Dieng mempunyai kawasan candi yang luasnya kurang lebih 90 hektar. Di kompleks ini terdapat 5 candi yaitu Candi Semar, Candi Puntadewa, Candi Arjuna, Candi Srikandi Dan Candi Sembadra. Kompleks candi inilah yang paling luas, kurang lebih 1 hektar. Selain paling luas, candi ini juga merupakan candi tertua di Tanah Jawa.

Tak hanya itu candi ini juga merupakan candi yang pertama kali di bangun diantara candi yang lain. Diperkirakan candi ini didirikan di awal abad ke 9 Masehi. Hal ini juga diperkuat dengan adanya bukti penemuan prasasti yang bertuliskan aksara jawa kuno sekitar tahun 809 Masehi atau 731 Caka. Kompleks Candi Arjuna ini ditemukan pertama kali oleh tentara Inggris di tahun1814.

Saat pertama kali candi ini ditemukan, kondisi dari kompleks candi sedang dalam kondisi terendam air telaga. Setelah itu, usaha penyelamatan kompleks candi pun dilaksanakan di bawah pimpinan HC. Cornelius kurang lebih 40 tahun setelah kompleks candi itu ditemukan. Kemudian proses penyelamatan dilanjutkan di bawah pimpinan tentara Belanda J Van Kinsbergen di masa Kolonial Hindia Belanda.

Daya Tarik Candi Arjuna

Daya Tarik Candi Arjuna
Image Credit: Google Maps Aryadi Darwanto

Jika anda berkunjung ke Provinsi Jawa Tengah kurang lengkap rasanya bila tak mengunjungi Candi Arjuna. Karena candi ini memiliki daya tarik tersendiri yang tidak akan bisa anda temukan di tempat lain. daya tarik itu antara lain:

1. Bangunan Bersejarah

Daya tarik pertama dari candi ini tentunya adalah bangunan candinya yang bersejarah. Di sana anda akan menemui banyak sekali benda-benda bersejarah peninggalan Hindia Belanda. Antara lain seperti relief, arca atau patung dan masih banyak lagi yang bisa memanjakan mata anda.

2. Terdapat Patung Kala Makala

Pada bagian pintu masuk candi dihiasai oleh patung Kala Makala yang telah dipercaya menjadi penjaga kesucian dari candi. Kala sendiri memiliki arti raksasa yang sangat menakutkan, sementara Makala memiliki arti wujud binatang di dongeng Hindu, campuran dari berbagai bentuk hewan.

Antara lain seperti Buaya, Gajah dan Ikan. Disebabkan bentuk dari Kala Makala menakutkan, diharapkan bisa menangkal roh jahat yang ingin memasuki candi, bangunan yang dianggap suci oleh umat Hindu.

3. Adanya Air yang Dianggap Suci

Masyarakat percaya bahwa di dalam Candi Arjuna terdapat adanya air suci di dalam sebuah yoni, tempat yang digunakan untuk melahirkan. Air itu dipercaya tidak akan pernah habis walaupun sedang musim kemarau serta dianggap sakral sampai saat ini.

Daya Tarik Dimiliki Candi Arjuna
Image Credit: Google Maps Rizky Subagja

4. Tarian Rampak Yakso Pringgondani

Daya tarik selanjutnya dari candi ini yang membuat banyak wisatawan kesana adalah karena adanya Tarian Rampak Yakso Pringgondani. Tarian Rampak Yakso Pringgondani merupakan tarian kebanggaan dari masyarakat Dieng dan tarian ini ditarikan saat menyambut panen raya.

Tarian Rampak Yakso Pringgondani ini menceritakan tentang peperangan yang terjadi antara Raden Gatotkaca yang didampingi oleh Palwangaseta, yang memiliki wujud kera putih. Melawan musuh yang berasal dari Kerajaan Giling Wesi, dipimpin oleh Patih Sekapu dan Prabu Kolo pracono.

Peperangan itu disebabkan karena Prabu Kolo pracono membuat keonaran di Khayangan Njuggring Seloko. Peperangan ini pada akhirnya dimenangkan Raden Gatotkaca.

5. Adanya Ritual

Daya tarik utama Candi Arjuna, selain bangunan candinya yang bersejarah ialah adanya beberapa ritual yang kerap kali diadakan di sana. Selain digunakan untuk memperingati Hari Raya Galungan, candi ini juga sering digunakan untuk ritual, salah satunya ritual Ruwatan Rambut Gimbal.

Ritual Ruwatan Rambut Gimbal sendiri merupakan upacara pemotongan rambut anak-anak yang memiliki rambut gimbal. Ritual ini dilakukan oleh masyarakat sekitar daerah Dataran Tinggi Dieng, jawa Tengah. Ritual ini di lakukan pada satu suro menurut kalender Jawa. Ritual ini yang menjadi andalan dari atraksi wisata budaya yang dilaksanakan pada Dieng Cultural Festival.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Candi Arjuna
Image Credit: Google Maps dicki ramadlon

Candi Arjuna terletak di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Banjarnegara, Kecamatan Batur, Karangsari, Desa Dieng Kulon. Karena lokasinya yang tak terlalu jauh dari pusat kota, anda akan mudah untuk menemukannya. Anda bisa kesana dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Jika anda dari Kabupaten Wonosobo, anda bisa ambil arah ke Jalan Girimargo, setelah itu ambil arah ke Jalan Pemuda. Dan terakhir dari situ, anda bisa langsung menuju Jalan Dieng lalu belok kiri menuju Jalan Komp. Arjuna di Karangsari. Sampailah anda ke lokasi candi.

Untuk dapat masuk ke kawasan candi, anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000,- saja per orang. Namun harga segitu bukan hanya berlaku untuk 1 tempat saja, wisatawan juga dapat masuk ke Kawah Sikidang tanpa perlu membayar karcis masuk lagi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Candi Arjuna
Image Credit: Google Maps Betharia Aditama

1. Melihat Keindahan Candi

Kegiatan menarik pertama yang bisa anda lakukan di Candi Arjuna adalah melihat indahnya bangunan candi yang bersejarah serta beberapa benda-benda bersejarah lainnya yang ada di sekitarnya. Antara lain seperti arca, relief dan masih banyak lagi. Bisa dipastikan bahwa semua itu akan bisa memanjakan mata anda.

2. Melihat Pemandangan

Di sana, anda tak hanya disuguhkan dengan indahnya bangunan candi tetapi juga pemandangan sekitar candi yang bisa memanjakan mata anda. Apalagi lokasi candi yang berada di dataran tinggi, hijaunya perbukitan serta sejuknya udara di sekitar candi, sungguh sangat sayang untuk dilewatkan.

3. Mengambil Foto

Kurang rasanya bila anda hanya melihat-lihat saja tanpa mengabadikannya lewat kamera. Sebab indahnya bangunan candi serta indahnya pemandangan yang ada di sekitarnya, sangat cocok bila dijadikan spot foto serta objek foto. Anda bisa berfoto selfi di sana bersama keluarga dan kerabat, dijamin anda akan mendapatkan hasil foto yang sangat bagus.

Kegiatan Seru Candi Arjuna
Image Credit: Google Maps Muhammad Nurrudin Praseptyo

4. Bersantai

Kegiatan lain yang tak kalah menarik yang bisa anda lakukan di Candi Arjuna adalah bersantai bersama keluarga. Bagaimana tidak, selain bangunan candi yang indah, pemandangan yang disuguhkan juga tak kalah indah. Apalagi letak lokasi candi yang berada di dataran tinggi, serta bukit-bukit hijau di sekitarnya yang dapat memanjakan mata, sangat cocok dijadikan tempat untuk melepas lelah dan bersantai.

5. Mencatat

Kegaiatan menarik selanjutnya yang bisa anda lakukan jika berkunjung ke candi ialah mencatat. Anda bisa mencatat berbagai hal yang anda rasa penting yang terdapat di dalam candi. Seperti sejarah candi, beberapa benda bersejarah yang ada di dalam candi dan masih banyak lagi. Tak ada salahnya bukan, jadi selain liburan anda juga bisa sekalian menambah wawasan sejarah.

6. Berolahraga

Tak hanya sekedar berkeliling saja, area candi yang luas juga bisa anda gunakan untuk berolahraga. Antara lain seperti jogging, senam ataupun olahraga lainnya. Sambil menikmati indahnya bangunan candi serta indahnya pemandangan alam di sekitar candi, anda bisa sambil berolahraga di sana. Jadi, bisa dipastikan acara berolahraga anda tak akan terasa melelahkan.

Objek Wisata Terdekat dari Candi Arjuna

Puncak Bukit Sikunir
Image Credit: Google Maps kurniawan anggi

1. Puncak Bukit Sikunir

Objek wisata pertama yang letaknya dekat dengan Candi Arjuna adalah Puncak Bukit Sikunir. Puncak Bukit Sikunir ini mempunyai pesona sunrise yang tidak kalah indah dengan Borobudur dan Bromo. Dari atas bukit yang tingginya 2300 mdpl anda bisa memperoleh spot terbaik untuk melihat serta mengabadikan matahari terbit di kawasan Dieng. Dari situ anda juga bisa melihat Telaga Cebong.

2. Kawah Sikidang

Objek wisata selanjutnya yang letaknya dekat dengan candi adalah Kawah Sikidang. Kawah Sikidang ialah kawah belerang yang masih aktif dan kawah ini juga menjadi maskot dari tempat wisata Dataran Tinggi Dieng. Bagi anda yang ingin mengunjungi Kawah Sikidang ini, disarankan menggunakan masker karena diarea Kawah Sikidang ini memiliki kandungan belerang yang tinggi dan berbahaya.

3. Gunung Prau

Gunung Prau ini terletak di 3 perbatasan Kabupaten, yaitu Kabupaten Batang, Wonosobo dan Kendal. Gunung Prau menjadi primadona bagi para pendaki, dengan ketinggian 2565 mdpl. Dengan track yang terbilang cukup mudah karena tak terlalu panjang. Anda bisa menyaksikan indahnya sunsite dan sunrise dari atas gunung ini. Ditambah lagi gundukan bukit di puncak menambah indah pemandangan.

4. Telaga Pengilon dan Telaga Warna

Kedua telaga ini letaknya bersebelahan dengan dikelilingi bukit-bukit yang tinggi menjulang. Telaga warna sendiri ialah sebuah telaga yang terbentuk secara alami dari proses vulkanik. Hal itu ditandai dengan munculnya kandungan belerang pada permukaan air telaga. Bila berkunjung ke dua telaga itu, anda dapat mendaki bukit-bukit untuk mendapatkan pemandangan telaga warna yang mempesona.

5. Telaga Cebong

Objek wisata terakhir yang letaknya dekat dengan candi adalah Telaga Cebong. Tak hanya Telaga Pengilon dan Telaga Warna saja objek wisata yang ada di sekitar candi, ada juga Telaga Cebong. Telaga Cebong ini merupakan salah satu dari keindahan Dieng yang wajib anda kunjungi sebab, telaga ini memiliki pemandangan yang indah, tak kalah indah dengan pemandangan di danau Ranu Kumbolo.

Demikian ulasan singkat tentang Candi Arjuna beserta dengan objek wisata yang ada di sekitar candi. Letak candi yang berada di dataran tinggi, sangat cocok dijadikan destinasi wisata bersama keluarga dan kerabat.