Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: Pukul 08.00-15.00 WIB, Alamat: Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Liburan tidak perlu harus mengunjungi tempat yang menawarkan pengalaman menyenangkan saja. Mengunjungi tempat yang penuh akan nilai edukasi dan sejarah seperti Benteng Vastenburg juga bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat.

Tempat ini memiliki berbagai macam benda yang merupakan peninggalan dari zaman dahulu. Sejak abad ke-18, benteng ini dijadikan pihak kolonial Belanda sebagai benteng yang mampu melindungi mereka dari serangan musuh.

Pada awalnya, benteng ini hanya digunakan untuk menyimpan beberapa barang yang diperlukan dalam kegiatan pertahanan militer. Akan tetapi, setelah perang selesai benteng ini pun ditinggalkan dan menyisakan nilai-nilai sejarah yang sangat tinggi. Mari menelusuri lebih lanjut mengenai benteng ini.

Sejarah Benteng Vastenburg

Sejarah Benteng Vastenburg
Image Credit: Instagram Komunitas Malam Museum

Benteng Vastenburg merupakan suatu bangunan di daerah Jawa Tengah yang akhir-akhir ini mencapai popularitas yang cukup tinggi di masyarakat sebab tempat ini dijadikan sebagai salah satu tempat karantina bagi penderita Covid-19. Meskipun bangunannya tampak sangat jadul dan menyajikan kesan angker, namun benteng ini memiliki sejarah yang cukup unik.

Benteng ini didirikan oleh seorang gubernur Belanda bernama Baron Van Imhoff pada tahun 1745. Proses pembangunan benteng ini diperkirakan memakan waktu yang cukup lama, yakni sekitar 30 tahun lebih dan baru selesai pada tahun 1775. Awalnya, benteng ini diberi nama yang berasal dari bahasa Belanda yakni benteng Grootmoedigheid.

Kemudian, waktu pun berlalu dan benteng ini memiliki perubahan nama menjadi Benteng Vastenburg, suatu istilah yang digunakan untuk menjelaskan suatu istana yang di sekitarnya sudah dikelilingi oleh tembok yang kuat. Tujuan awal dibentuknya benteng ini yaitu untuk mempertahankan Belanda dari Keraton Surakarta serta mengawasi keraton itu.

Di sekitar benteng, bangunan ini dikelilingi parit yang mengitari sepanjang tembok di sampingnya. Parit tersebut berfungsi untuk melindungi benteng sebab parit ini mampu membuat musuh merasa kewalahan untuk menyusup ke dalam benteng tersebut.

Setelah kemerdekaan Indonesia diresmikan, pihak Belanda pun mengabaikan keberadaan benteng ini dan pergi kembali pada negaranya. Karena tidak memiliki penguasa lagi, maka pemerintah Indonesia pun menjadikan tempat ini sebagai markas untuk TNI. Sayangnya, setelah tahun 1980-an benteng ini tidak digunakan dan ditelantarkan.

Akan tetapi, pada tahun 2010 benteng ini pun mengalami renovasi dan beberapa tempat yang dirasa kurang menarik diubah agar tampak berfungsi lagi. Kemudian, gubernur pada periode tersebut pun meresmikan keberadaan benteng ini dan fungsinya pun beralih menjadi salah satu situs cagar budaya yang bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Daya Tarik Benteng Vastenburg

Daya Tarik Benteng Vastenburg
Image Credit: Facebook Kota Solo

Ada berbagai daya tarik yang dimiliki oleh benteng bersejarah ini, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Arsitektur yang Menarik

Daya tarik pertama yang bisa ditemukan pada Benteng Vastenburg yaitu desain arsitekturnya yang begitu menarik. Hampir sama seperti benteng-benteng peninggalan Belanda lainnya, benteng yang satu ini memiliki bentuk bangunan yang menarik untuk dilihat sebab berbeda dengan bangunan Indonesia.

Ada begitu banyak pintu dan jendela berukuran luas yang berada di setiap sisi bangunan benteng. Hal tersebut ditambahi dengan atap benteng yang sudah disusun sedemikian rupa agar mampu melindungi bagian dalam benteng sehingga sinar matahari pun tidak mampu masuk ke dalamnya.

2. Dipenuhi Pepohonan yang Asri

Selanjutnya, benteng ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata ketika ingin melakukan relaksasi sebab benteng ini sudah dipenuhi oleh pepohonan yang sangat asri. Pepohonan tersebut mengelilingi area benteng dan ukurannya pun bervariasi, sehingga dijamin pengunjung tidak akan merasa kepanasan ketika berada di tempat ini.

Bahkan, ada beberapa pohon tersebut yang usianya sudah sangat tua namun tetap kokoh berdiri melindungi benteng. Hal itu tentu saja menambah daya tarik tersendiri bagi benteng ini, dan pengunjung yang ingin bersantai dalam suasana yang teduh dapat menjadikan tempat ini sebagai pilihan yang tepat.

3. Suasana yang Tenang

Karena Benteng Vastenburg tidak terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan, hal tersebut menjadikan benteng ini memiliki suasana yang cukup tenang. Berbeda dengan tempat wisata lainnya yang terlalu ramai dan sesak, pengunjung yang berada di dalam benteng ini akan dimanjakan dengan nuansa damai dan menyejukkan yang jarang ditemui.

Suasana tenang tersebut diperkuat dengan semilir angin yang berhembus dengan segar pada benteng ini. Terkadang, pengunjung pun bisa menemui beberapa hewan yang sedang santai dan mengkonsumsi rumput di dalam benteng.

Daya Tarik Dimiliki Benteng Vastenburg
Image Credit: Google Maps Anggih Listya

4. Penuh Nilai Sejarah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, benteng yang satu ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Pengunjung dapat melihat bagaimana bentuk arsitektur pada beberapa abad lalu dengan mengunjungi benteng ini dan membayangkan sendiri bagaimana bisa orang-orang pada masa lalu mampu membangun benteng tersebut dengan begitu jeli.

Karena hal tersebutlah, Benteng Vastenburg bisa menjadi surga bagi pengunjung yang memang menyukai dan penasaran mengenai sejarah yang ada di Indonesia. Dengan mempelajari sejarah secara langsung, maka kita akan mengetahui sendiri peristiwa tersebut dan mengambil hikmah secara tepat sehingga masa sekarang bisa dilalui tanpa melakukan kesalahan yang fatal seperti zaman dahulu.

5. Terdapat Lapangan Luas

Pada benteng bersejarah ini sudah tersedia sebuah lapangan yang ukurannya cukup luas. Lapangan tersebut bahkan tidak kalah saing dengan lapangan yang biasanya ada di dalam stadion olahraga sebab panjang dan ukurannya yang memang sangat memukau.

Pada beberapa hari tertentu, lapangan tersebut dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk membawa hewan ternaknya dan membiarkan hewan tersebut mengkonsumsi rumput yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu saja, namun pada beberapa kesempatan lapangan ini juga biasa dimanfaatkan untuk mengadakan konser atau kegiatan lain yang cukup mewah.

6. Spot Foto yang Unik

Daya tarik terakhir yang dimiliki oleh Benteng Vastenburg yaitu benteng ini memiliki spot foto yang cukup unik dan bervariasi. Hal tersebut tentu saja sangat menarik perhatian pengunjung yang masih muda sebab mereka akan mencari tempat wisata yang menyajikan berbagai macam spot untuk berfoto bersama dengan teman-temannya.

Selain unik, pepohonan yang rindang di dalam benteng ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai background ketika ingin berfoto. Ketika berfoto di dalam tempat ini, maka dijamin hasil foto tersebut sangat menarik dan cocok untuk diunggah pada jejaring media sosial tertentu.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Benteng Vastenburg
Image Credit: Google Maps iussoe

Benteng Vastenburg berada di Kota Solo, Jawa Tengah dan dikelilingi oleh empat jalan utama. Beberapa jalan tersebut yang paling terkenal yaitu jalan Jenderal Sudirman. Karena memiliki lokasi yang dekat dengan kota, hal tersebut membuat benteng ini tidak terlalu sulit untuk dikunjungi.

Apabila tertarik untuk mengunjungi benteng ini, maka Anda dapat memulai perjalanan dari pusat kota Solo. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan hingga sampai pada tempat yang berdekatan dengan Terminal Tirtonadi atau Stasiun Balapan. Dari daerah tersebut, Anda hanya perlu berkendara selama 4 kilometer lagi dan Anda pun akan segera sampai pada tempat tujuan.

Banyak pengunjung yang masih merasa skeptis ketika mengunjungi tempat ini. Akan tetapi, tidak perlu khawatir dengan biaya masuk yang tinggi sebab Benteng Vastenburg bisa dimasuki hanya dengan membayar tiket masuk sebesar 2000 hingga 3000 ribu rupiah saja. Siapa saja diperbolehkan untuk mengunjungi tempat ini selama tidak ada gelaran acara tertentu di tempat tersebut.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Kegiatan Merik Benteng Vastenburg
Image Credit: Google Maps fendi Glamers F

1. Mengikuti Festival pada Malam Hari

Pada malam hari, bagian luar Benteng Vastenburg biasanya cukup ramai dan tidak pernah sepi dari masyarakat. Baik itu masyarakat yang memang sedang beristirahat di depan benteng, ataupun mereka yang memang memiliki waktu luang untuk bercengkrama di tempat tersebut. Hal itu didukung oleh keberadaan penjual kaki lima yang selalu ramai pada malam hari.

Saat ada hari-hari tertentu, benteng ini juga biasa dipakai sebagai tempat untuk menyelenggarakan suatu event musik yang cukup terkenal. Karena itulah, apabila Anda beruntung Anda bisa turut serta mengikuti festival musik tersebut yang ada di dalam benteng ini.

2. Wisata Kuliner di Galabo

Ketika berada di benteng ini, tidak lengkap rasanya apabila tidak melakukan wisata kuliner di Galabo. Tempat ini berada di samping benteng, dan sudah lama memiliki reputasi yang sangat bagus pada masyarakat sebagai tempat yang menyajikan makanan bergizi dan lezat.

Ada sekitar lebih dari 50 pedagang yang menjajakan makannya di tempat ini dan terkadang posisi mereka pun tidak beraturan. Namun, kebersihan tempat ini bisa dibilang tetap terjaga sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir ketika ingin membeli makanan pada tempat ini.

Kegiatan di Benteng Vastenburg
Image Credit: Facebook Pri Hartanto

3. Berfoto

Kegiatan lain yang bisa dilakukan ketika berada di Benteng Vastenburg tentu saja berfoto. Anda bisa membawa kamera pribadi atau hanya menggunakan kamera ponsel agar bisa mengabadikan setiap momen yang ada di dalam benteng ini. Seluruh sudut tempat ini memiliki nilai sejarah tinggi, sehingga sangat sayang apabila tidak dipotret untuk dijadikan sebagai kenang-kenangan.

4. Mengunjungi Benteng Militer

Terakhir, Anda juga bisa mengunjungi benteng militer. Bisa dibilang, benteng yang ukurannya cukup kecil dibandingkan dengan keseluruhan bangunan benteng ini memiliki suasana yang cukup menarik untuk dirasakan. Sebab, Anda dapat melihat sendiri bagaimana bentuk sesungguhnya dari benteng militer tersebut.

Posisi benteng militer ada di sekitar lapangan, dan tidak sulit untuk menemukan benteng mungil tersebut. Anda bisa berfoto pada tempat tersebut dan melihat secara jelas seluruh hamparan lapangan yang sangat luas.

Objek Wisata Terdekat dari Benteng Vastenburg

Image Credit: Google Maps Herupit

1. Keraton Surakarta

Objek wisata paling dekat dengan Benteng Vastenburg adalah Keraton Surakarta. Jarak diantara keduanya pun tidak terlalu jauh, sebab tujuan utama dibentuknya benteng ini memang untuk mengawasi pergerakan keraton tersebut.

2. Gedung Djoeang ’45 Solo

Sama-sama menyajikan benda-benda bersejarah, Anda dapat mengunjungi Gedung Djoeang ’45 Solo setelah mengunjungi benteng ini. Sebab, dengan begitu Anda bisa membandingkan sendiri kualitas pertahanan militer antara Indonesia dengan pemerintah Belanda.

3. Alun-Alun Kidul Surakarta

Terakhir ada Alun-Alun Kidul Surakarta yang sangat menarik untuk dikunjungi. Alun-alun yang satu ini sangat ramai dengan kunjungan wisatawan setiap hari, sehingga sangat cocok untuk dikunjungi ketika berada di Surakarta.

Itulah berbagai macam informasi mengenai Benteng Vastenburg yang mampu menjadi referensi ketika ingin mengunjungi benteng ini. Karena benteng ini sangat menarik, maka kunjungilah tempat ini dan rasakan sendiri mengenai nilai sejarah yang ada pada benteng ini.