Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kampung Pamarican, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten; Map: Cek Lokasi

Banten merupakan daerah yang dikenal mempunyai banyak tempat wisata. Salah satunya Benteng Speelwijk yang diketahui menyimpan sejarah unik. Tujuan didirikannya yaitu sebagai benteng pertahanan untuk melawan musuh yang menyerang. Dahulu pembangunannya dirancang oleh Cakradana dari bahan batu karang serta kapur yang sangat kokoh dan kuat.

Pada sudut lain terdapat menara pantau yang berfungsi untuk memantau kapal asing yang masuk ke arah benteng. Sebelah timurnya ada lorong untuk menuju ke gudang senjata yang disimpan kerajaan. Sepanjang temboknya dilengkapi dengan lubang yang menyimpan meriam. Kanal yang mengelilinginya pun sekarang dialih fungsikan menjadi tempat pemancingan dan ada beberapa kursi.

Sampai saat ini bangunan lama tersebut masih dilestarikan dengan baik, namun juga ada bangunan baru yang dibentuk setelah mengalami renovasi. Fasilitas penunjungnya pun terus ditambah agar traveller yang datang merasa nyaman dan betah berada lama-lama disini. Semuanya dijaga dan dirawat secara berkala agar bangunannya tidak mengalami kerusakan dan tidak kotor.

Sejarah Benteng Speelwijk

Sejarah Benteng Speelwijk1
Image Credit: Twitter Segoro Tour & Travel

Destinasi Benteng Speelwijk didirikan sekitar tahun 1681 pada masa kejayaan Sultan Abu Nas Abdul Qohar. Arsiteknya didesign oleh Hendrick Loocaszoon dengan masyarakat Tionghoa yang dipekerjakan dengan upah sedikit. Speelwijk sendiri diambil dari nama Gubernur Hindia Cornelis Janszoon Speelman yang dahulu pernah berkuasa. Hal tersebut bertujuan untuk menghormatinya.

Dahulu di benteng ini dilengkapi dengan parit yang berfungsi untuk mempersulit laju musuh yang menyerang. Sepanjang kawasannya nampak batu-batuan berwarna merah yang terbuat dari pasir dan kapur pada masa tempo dulu. Tiap sisinya di bentuk menyerupai segi empat dengan beberapa menara pengintai. Sampai saat ini pun semua bangunannya masih bisa dinikmati oleh pengunjung.

Daya Tarik Benteng Speelwijk

Daya Tarik Benteng Speelwijk1
Image Credit: Twitter Segoro Tour & Travel

1. Dikelilingi Tanaman Hijau

Pada sekitar Benteng Speelwijk nampak banyak pohon dan tanaman hijau lain yang mengitarinya. Bagian bawahnya dilengkapi rumput yang terlihat segar. Sejauh mata memandang akan melihat beragam pemandangan alami yang mampu menyejukkan mata. Ditambah lagi dengan kebersihan lahannya yang selalu diperhatikan oleh petugas setempat.

Saat pagi sampai sore hari udaranya terasa segar untuk dihirup. Tidak heran jika banyak traveller dari dalam maupun luar negeri yang berbondong-bondong ingin liburan kesini. Namun saat berkunjung disarankan tidak mengotori areanya.

2. Bangunannya Unik

Wisata benteng yang diketahui pernah menjadi situs bersejarah ini mempunyai desain arsitektur yang cukup unik. Bangunannya berbentuk persegi panjang yang dijaga ketat oleh petugas. Mulai dari gerbang pintu masuknya terlihat desain dengan sentuhan yang melambangkan budaya Tionghoa dan Belanda. Kawasannya dikelilingi dengan pagar benteng yang terbuat dari batu-batuan.

Selain itu, Benteng Speelwijk mempunyai tingkat ketinggian sekitar 3 meter yang sengaja dibuat untuk melindungi bangunan di dalamnya. Pondasi bangunannya diketahui terbuat dari batu karang yang direkatkan erat dengan batu kapur. Hal lain yang menambah keunikannya yaitu adanya ruang bawah tanah yang dihubungkan langsung ke lorong. Semua bangunannya selalu dijaga kelestariannya.

3. Memiliki Taman Cantik

Seperti yang telah diketahui bahwa Speelwijk mempunyai beragam tanaman hijau, maka dari itu pengelola berfikir membangun taman cantik di dalamnya. Areanya ditanami pohon kelapa, bunga warna-warni, dan pohon palem. Saat sore hari akan nampak indah dengan disinari sorot lampu dari arah tengah taman.

Setiap hari tempat ini menjadi objek foto favorit para wisatawan yang datang. Disana disediakan beberapa tempat duduk berupa kursi kayu yang dapat Anda gunakan untuk melepas penat. Bisa dikatakan taman ini sebagai paru-paru benteng yang memiliki udara sejuk. Maka dari itu setiap tamu yang berlibur selalu mampir ke tempat ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Benteng Speelwijk
Image Credit: Google Maps M. MADAD

Benteng Speelwijk berada tepat di kawasan Kampung Pamarican, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten. Lokasinya mudah dijangkau karena terletak di pusat kota. Pengunjung yang datang dapat membawa kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil. Namun tidak perlu khawatir karena di sekitar benteng juga menyediakan jasa penyewaan travel untuk mengantar Anda.

Jika berangkat dari arah tol Serang bisa lurus terus sampai ke pertigaan lampu merah. Kemudian belok kiri menuju kawasan Jalan Ayip Usman, saat sudah sampai di ujung belok kanan ke arah Jalan Raya Kasemen. Lanjut ke daerah jembatan, dari sini letak benteng sudah tidak jauh lagi. Di ujung jalan tampak gerbang benteng yang menghadap persis ke arah jalan raya.

Akses jalannya sudah beraspal mulus sehingga cukup mudah dilalui. Traveller yang pertama kali datang kesini tidak perlu takut tersasar karena disediakan papan penunjuk jalan di sekitarnya. Tak hanya itu, Anda bisa pula mengaksesnya di google maps atau bertanya ke warga setempat. Sepanjang perjalanan pun akan nampak keindahan sudut kota yang terlihat sangat ramai.

Harga Tiket Masuk

Tiket Benteng Speelwijk
Image Credit: Google Maps Ciptanti putri

Pada gerbang pintu utama Benteng Speelwijk tampak petugas yang akan mengenai tarif tiket kepada wisatawan. Harganya bisa dibilang lumayan murah hanya Rp 20.000 saat hari libur maupun hari biasa. Tarif tersebut biasanya berlaku untuk orang dewasa dan anak-anak yang usianya diatas 1 tahun. Jam bukanya sendiri mulai pukul 10 pagi hingga 4 sore pada hari senin sampai minggu.

Selain itu, khusus pengunjung yang membawa kendaraan pribadi juga akan dikenai karcis. Harganya Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk roda empat baik mobil maupun bis. Pada area tempat parkir terdapat beberapa petugas yang menjaga kendaraan Anda. Semua biaya tersebut biasanya digunakan pengelola untuk perawatan benteng yang dilakukan secara berkala.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Sejarah Benteng Speelwijk1
Image Credit: Google Maps FVNDY AA

1. Menjepret Foto

Kamera atau smarphone menjadi benda penting yang wajib dibawa saat liburan. Apalagi di area Benteng Speelwijk menyimpan banyak spot menarik yang dapat digunakan untuk berfoto. Traveller juga bisa mengabadikan momen melalui video. Lakukan aktivitas ini bersama teman atau keluarga agar Anda mempunyai kenang-kenangan saat berlibur ke situs bersejarah ini.

2. Bersantai

Destinasi benteng yang dikelilingi tanaman hijau sangat cocok digunakan untuk bersantai di sela-sela padatnya aktivitas. Para pelancong bisa duduk di area rumputnya untuk menikmati keindahan wisata ini. Letaknya juga jauh dari pemukiman penduduk sehingga suasana disini terasa sangat menenangkan. Namun biasanya saat hari minggu areanya selalu dipadati oleh tamu yang berlibur.

3. Bersepeda

Lahan Benteng Speelwijk yang lumayan luas membuat areanya banyak digunakan untuk berkeliling. Aktivitas ini bisa Anda lakukan dengan berjalan kaki maupun bersepeda bersama keluarga untuk melihat benda bersejarah dari dekat. Apalagi pada pagi ataupun sore hari pasti akan menyenangkan saat mengelilinginya karena udara masih segar dan tidak panas menyengat.

4. Belajar Sejarah

Selain berlibur, tempat ini juga memiliki beberapa cerita sejarah yang tersimpan di dalamnya. Di dekat gerbang pintu masuknya terdapat sebuah tulisan singkat mengenai asal mula terbentuknya benteng ini. Namun, wisatawan yang ingin mengetahui sejarahnya lebih lengkap dapat menanyakan kepada petugas. Informasi yang tersedia diharapkan mampu menambah wawasan pengetahuan.

Objek Wisata Terdekat dari Benteng Speelwijk

Kampung Baduy
Image Credit: Google Maps not available

1. Kampung Baduy

Suku Baduy merupakan kelompok etnis Sunda yang tersebar luas di Provinsi Banten. Letaknya tidak jauh dari Benteng Speelwijk hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Traveller yang datang ke kampung ini akan melihat beberapa rumah penduduk yang dibuat secara tradisional dari kayu. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari budaya yang ada karena suku ini masih kental dengan adat istiadat.

2. Pantai Anyer

Wisata pantai memang selalu menjadi kunjungan favorit bagi semua orang. Apalagi pantai anyer yang dikenal memiliki hamparan pasir putih dengan airnya yang jernih. Para pelancong yang berlibur ke Anyer dapat melakukan banyak aktivitas seperti bermain air, jogging, bermain voli, hingga berselancar. Di areanya pun menawarkan hidangan laut yang dapat memanjakan perut Anda.

3. Rawa Dano

Setelah berlibur ke benteng bersejarah ini, tidak lengkap rasanya jika tidak mampir ke rawa dano. Tempat ini kawasannya dikelilingi danau dan rawa-rawa yang diyakini bekas letusan gunung berapi. Udaranya sangat sejuk karena banyak pohon hijau yang terlihat asri. Nuansa alami inilah yang biasanya diburu oleh para traveller.

4. Masjid Agung Banten

Masjid agung Banten termasuk salah satu tempat ibadah tertua yang dibangun sejak tahun 1569. Design bangunannya tampak begitu unik dengan arsitektur budaya China, Eropa, dan Jawa. Di ruangan lainnya pun menyimpan peninggalan pada masa kerajaan islam. Tidak heran jika tempat ibadah tersebut banyak dikunjungi wisatawan untuk beribadah sekaligus berlibur.

Demikian beberapa uraian singkat mengenai Benteng Speelwijk yang bisa Anda kunjungi saat liburan. Letaknya yang strategis dan harganya yang murah akan membuat pengunjung ingin kembali lagi ke wisata ini. Hal terpenting yang harus diingat saat berlibur traveller tidak boleh merusak bangunan yang ada. Jangan lupa mengajak keluarga atau kerabat terdekat agar liburan Anda terasa semakin menyenangkan.