Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kedung Cowek, Kec. Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Benteng Kedung Cowek ialah benteng bersejarah peninggalan jaman Hindia-Belanda. Tujuan dari dibangunnya benteng ini adalah sebagai pertahanan Belanda dalam melawan Jepang ketika terjadi Perang Pasifik. Benteng ini letaknya dekat dengan Jembatan Suramadu, jadi mudah bagi kita untuk menemukannya.

Selain sebagai bangunan bersejarah, benteng ini juga memiliki daya tarik lain yang membuat wisatawan banyak datang kesana. Salah satunya antara lain pemandangannya yang indah karena terletak di dekat pantai dan hutan rimbun serta masih banyak lagi daya tarik lainnya yang hanya bisa kita jumpai di sana.

Benteng Kedung Cowek masih asli dan natural, belum pernah dirubah sebelumnya, oleh karena itu Dispursip Surabaya menetapkan bangunan ini sebagai cagar budaya. Karena tempatnya yang masih asli sejak jaman penjajahan serta suasana hutan yang mendukung sangat cocok bila dijadikan spot foto.

Sejarah Benteng Kedung Cowek

Sejarah Benteng Kedung Cowek
Image Credit: Instagram ID L3NR

Benteng ini mulai dirancang tahun 1899 dan dibangun tahun 1910 pada masa Hindia-Belanda. Namun sayangnya, pada tahun 1925 pembangunan benteng ini terpaksa harus dihentikan karena krisis moneter. Benteng ini mempunyai bangunan kokoh sebab benteng ini memang dibangun untuk dijadikan sebagai benteng pertahanan.

Selain itu, dibangunnya Benteng Kedung Cowek juga karena untuk mengantisipasi terjadinya serangan militer yang berasa dari wilayah utara Surabaya. Di dalam benteng ini, Belanda juga menyimpan beberapa peluru dan meriam di balik beton yang sangat tebal dan kokoh. Hingga masyarakat sekitar menyebut benteng ini gedung peluru.

Sejumlah meriam sengaja oleh Belnda disimpan disitu dengan tujuan agar bisa menghadapi kapal milik musuh yang mendekati pantai dan pelabuhan di Surabaya. Namun sayangnya, Belanda belum sempat menembakkan mariam pada waktu Jepang menyerang mereka, akhirnya Jepang berhasil menguasai wilayah jajahan milik Belanda, termasuk juga Pulau Jawa.

Tentara Jepang lalu mulai memperkuat perlindungan dengan menambah persenjataan. Tetapi sayangnya, Jepang belum sampai memanfaatkan benteng itu, sehingga benteng pertahanan yang kuat dan lengkap itu jatuh ke genggaman Republik Indonesia secara utuh. Di sinilah pasukan Sriwijaya ditempatkan, karena pasukan Sriwijaya merupakan pasukan yang memiliki banyak pengalaman tempur dan terlatih.

Karena itu pula, pada saat kapal perang milik Inggris menyerang Kota Surabaya, mereka terkejut mengetahui perlawanan dari Benteng Kedung Cowek yang menyerang pangkalan mereka di Ujung Dermaga. Dilihat dari tembakan yang dapat menjangkau sasaran sekitar 4 kilometer, Inggris mengira yang menyerang mereka itu adalah tentara milik Jepang yang tak tunduk dengan perintah sekutu.

Sehingga Inggris mengira tindakan itu sebagai tindakan yang dilakukan para penjahat perang. Inggris juga tak memperhitungkan kalau Indonesia mempunyai pasukan yang mampu menggunakan beberapa meriam berat yang ada di dalam benteng.

Sepanjang pertempuran yang terjadi selama 3 hari di penghujung bulan Oktober 1945 serta dalam pertempuran untuk mempertahankan Kota Surabaya, diperkirakan kurang lebih sepertiga dari pasukan Sriwijaya gugur. Sebagian dari mereka gugur di Benteng Kedung Cowek, banyak jasad mereka tidak sempat dimakamkan karena perang terus berkecambuk cukup lama.

Daya Tarik Benteng Kedung Cowek

Image Credit: Google Maps Rayhana A

Bila kita sedang berkunjung ke Kota Surabaya, rugi rasanya bila kita tidak mampir ke Benteng Kedung Cowek. Benteng bersejarah ini memiliki banyak daya tarik yang tak bisa kita dapatkan di tempat lain, daya tarik itu antara lain:

1. Bangunan Bersejarah

Daya tarik utama Benteng Kedung Cowek tentu saja, karena bangunannya yang bersejarah. Apalagi bangunan benteng ini masih asli, belum ada perubahan sama sekali. Karena benteng ini berada di bawah pengawasan militer, maka pengunjung harus lapor apa tujuannya jika ingin berkunjung kesana. Di sana ada bangunan yang telah dibersihkan dan dapat dimasuki, ada pula yang tak boleh dimasuki.

2. Pemandangan yang Indah

Bila kita berkunjung ke sana, kita pasti akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang indah, ditambah lagi dengan adanya jembatan Suramadu, menambah indah pemandangan di sana. Kita bisa datang kesana di waktu matahari terbit, karena pemandangan pantai akan terlihat lebih indah.

Daya Tarik Benteng Kedung
Image Credit: Instagram Dewinda

3. Termasuk Cagar Budaya

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki benteng ini ialah benteng ini telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Dispursip Kota Surabaya menyampaikan bahwa pihaknya dengan jajaran terkait sudah menggelar rapat sebelum akhirnya menetapkan benteng ini menjadi cagar budaya. Karena hal itu, membuat benteng ini banyak dilirik para wisatawan baik lokal maupun luar.

4. Lokasi Pembuatan Film

Karena kondisi benteng yang masih natural, serta suasana di sekitar benteng yang seperti hutan, jadi benteng ini sering digunakan sebagai tempat syuting beberapa film mistis. Karena itulah banyak beberapa wisatawan kesana karena penasaran dengan nuansa mistis yang ada di sana.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Benteng Kedung Cowek
Image Credit: Instagram indah_storyborn

Benteng bersejarah ini berlokasi di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di Kecamatan Bulak, Kedung Cowek, Surabaya. Benteng ini dekat jaraknya dengan Jembatan Suramadu, jadi sangat mudah bagi kita untuk menemukannya. Kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk menuju kesana.

Dari gerbang tol jembatan Suramadu, kita ke arah Kali Kedinding, lalu lurus terus sampai bertemu pertigaan, pilih arah kanan. Selanjutnya kita cukup ikuti saja jalan kecil nanti benteng akan terlihat tepat di bagian kanan. Bila menggunakan kendaraan umum, kita bisa naik bus Surabaya, jurusan Bungurasri – ITS dan berhenti di Kedung Cowek.

Harga tiket masuk kawasan benteng ini berbeda, untuk pengunjung anak-anak cukup membayar Rp 5.000,- sementara untuk dewasa cukup membayar Rp 15.000,- saja. Beda halnya dengan untuk pengunjung asing, pengunjung asing dikenakan tariff masuk sebesar Rp 20.000,- per orang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Kegiatan Benteng Kedung
Image Credit: Instagram Surabaya hits

1. Melihat Isi Bangunan

Hal pertama yang pasti kita lakukan jika berkunjung ke Benteng Kedung Cowek pasti adalah melihat-lihat isi bangunan bersejarah itu. Apalagi kondisi bangunan yang masih asli dan natural, belum berubah sejak jaman penjajahan dulu.

2. Mengambil Foto

Selain melihat-lihat kondisi bangunan yang ada di benteng itu, kita bisa menjadikannya lewat kamera. Kondisi benteng yang masih asli, serta suasana hutan di sekitar benteng sangat cocok bila digunakan sebagai spot foto. Di jamin kita akan mendapatkan hasil foto yang instagenik.

Kegiatan Menarik Benteng Kedung
Image Credit: Instagram Love Suroboyo

3. Menikmati Suasana Hutan

Selain melihat-lihat kondisi bangunan, di sana kita juga bisa menikmati suasana hutan. Karena di sekitar benteng dikelilingi pohon-pohon besar yang rindang serta semak belukar, sehingga terkesan seperti berada di tengah hutan.

4. Ambil Vidio

Tak hanya mengambil foto saja, kita juga bisa mengabadikan keindahan benteng ini melalui video singkat. Bahkan banyak beberapa orang yang sering melakukan syuting untuk film-film horror di benteng ini, karena suasana sekitar dan kondisi benteng yang mendukung.

Objek Wisata Terdekat Benteng Kedung Cowek

Wisata Terdekat Benteng Kedung Cowek
Image Credit: Google Maps Doddy Purbo

1. Taman Bulak

Taman Bulak sendiri merupakan taman bermain yang memiliki fasilitas permainan yang cukup lengkap. Taman ini cocok untuk di datangi keluarga yang membawa buah hatinya, karena taman ini memang taman keluarga yang didesain khusus untuk anak-anak. Tapi tenang saja, mesti begitu tak jarang banyak juga muda-mudi yang berkunjung kesini.

2. Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran ini ada 2, Pantai Kenjeran baru dan Pantai Kenjeran lama. Pantai Kenjeran lama menawarkan kegiatan konvensional misalnya menikmati pemandangan pantai, laut, sedangkan Pantai Kenjeran baru dibuat dengan konsep lebih modern seperti adanya Pagoda, Waterpark dan masih banyak lagi. Kedua objek wisata ini sama-sama menyenangkan, apalagi bila kesana bersama keluarga.

3. Sky Dome

Sky Dome atau biasa dikenal dengan Gedung Langit sendiri merupakan duplikat dari Tian Tan yang ada di Beijing. Memiliki tinggi 57 meter serta diameter lingkaran sepanjang 50 meter. Pengunjung bebas keluar masuk gedung untuk mengambil foto tanpa dipungut biaya sepeserpun.

4. Atlantis Land

Bagi anda yang suka wisata air, anda bisa mengunjungi Atlantis Land. Atlantis Land mengusung konsep istana bawah laut. Hal yang menarik dari Atlantis Land salah satunya adalah adanya pertunjukan air mancur menari, yang biasanya dimulai sore hari. Tak hanya wahana air saja yang disajikan, wahana bermain non air juga ada misalnya Music Express, Dino Land, Misteri Atlantis dan masih banyak lagi.

5. SIB

Objek wisata terakhir adalah SIB. SIB sendiri adalah sentral ikan yang ada di Kecamatan Bulak. Sebagai wilayah pesisir, bukan hal yang aneh bila di Kecamatan Bulak terdapat banyak sekali penjual olahan laut. Karena itu di sana ada SIB, yang menyediakan berbagai macam hasil olahan laut seperti ikan, udang dan masih banyak lagi.

Demikian ulasan singkat tentang Benteng Kedung Cowek serta objek wisata yang ada di sekitarnya. Bila anda ingin mencari lokasi wisata alam sekaligus cagar budaya yang masih natural dan jarang tersentuh orang, benteng ini bisa jadi solusi. Jadi, tunggu apalagi anda bisa menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga dan kerabat di sini.